PATRIOT Dukung Program Perluasan dan Percepatan Digitalisasi di Daerah

- 21 Oktober 2021, 21:09 WIB
Peluncuran PATRIOT di Tawang Arum Balai Kota Surakarta, Kamis (21/10/2021).
Peluncuran PATRIOT di Tawang Arum Balai Kota Surakarta, Kamis (21/10/2021). /

KARANGANYARNEWS-Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyambut baik inisiatif pembayaran secara cashless atau nontunai.

Sistem pembayaran seperti itu, kata dia, tidak hanya memudahkan penjual dan pembeli, tetapi juga bagi para kepala dinas. Sebab, meningkatkan pencapaian pendapatan pemerintah.

Gibran Rakabuming mengatakan, sudah ada 44 pasar tradisional di Solo yang disiapkan untuk onboarding, termasuk Pasar Legi dan Pasar Purwasari.

"Kami akan melakukan edukasi pada penjual dan pembeli agar terbiasa dengan situasi sekarang. Pandemi memaksa kita sebagai pembeli dan penjual untuk lebih melek digital,” kata Gibran Rakabuming.

Guna mendukung program pemerintah dalam perluasan dan percepatan digitalisasi di daerah, Grab dan OVO melakukan pelunncuran PATRIOT atau Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah, di Tawang Arum Balai Kota, Surakarta, Kamis (21/10/2021).

Program jangkar itu untuk mendukung Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang dicanangkan pemerintah serta akselerasi transaksi digital ekosistem terintegrasi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga menyambut baik inisiatif Grab OVO PATRIOT yang membantu pedagang pasar masuk ekosistem digital.

Menteri Perdagangan mengatakan, jika di 2020 ekonomi digital Indonesia baru berkontribusi 4 persen terhadap PDB, maka di 2030 kontribusi ekonomi digital diprediksi akan mencapai 18 persen.

"Sejak awal 2021 Kementerian Perdagangan memprioritaskan akselerasi dan transformasi digital di sektor perdagangan," kata Lutfi.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah