Siapa E-Commerce yang Paling Unggul di Indonesia Tahun 2021?

- 30 November 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi/unsplash.com/photos
Ilustrasi/unsplash.com/photos /

KARANGANYARNEWS-Mendekati penghujung 2021, e-commerce tanah air berlomba-lomba menghadirkan inovasi, fitur baru, hingga promo untuk memberikan pengalaman belanja online paling nyaman bagi konsumen.

Hasil riset Kantar, sebuah perusahaan analisis data, wawasan dan konsultasi terkemuka di dunia menemukan, dari empat nama besar e-commerce di Indonesia, Shopee masih paling unggul dengan menduduki peringkat pertama di semua indikator penilaian.

Hal ini terbukti, dari 54% responden yang menjawab Shopee sebagai merek paling diingat atau top of mind. Menyusul berikutnya Tokopedia (25%), Lazada (6%) dan Bukalapak (1%).

Menurut Kantar, riset terkait “Peta Persaingan Online Shopping di Indonesia” selama September 2021. Riset menggunakan metode survei daring dan melibatkan total 870 responden dari usia 20 - 35 tahun ke atas.

"Survai dilakukan tidak hanya di kota besar seperti Jakarta saja, namun juga kota-kota lain yang berpotensi menjadi pendukung pertumbuhan Indonesia di masa depan," sebut Kanta.

Disebutkan, hasil riset Kantar juga menemukan Shopee merupakan e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak di enam bulan terakhir, yaitu 86% dari total responden. Berikutnya Tokopedia (57%), Lazada (35%) dan Bukalapak (14%). 

Shopee juga menjadi e-commerce paling sering digunakan atau brand used most often, dengan sebanyak 62% responden memilih aplikasi belanja oranye tersebut, melampaui Tokopedia 24%, Lazada 10%, dan Bukalapak 2%.

Selanjutnya, Shopee juga memiliki rata-rata nilai transaksi bulanan terbesar dibanding e-commerce lainnya, yaitu Rp 856,810. Tokopedia dengan rata-rata nilai transaksi Rp 642,060, disusul Lazada dan Bukalapak, rata rata senilai Rp 422,630 dan Rp 278,990.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah