Mitra Driver Gojek Kecipratan Saham Gratis GoTo, Ini Alasannya

- 11 April 2022, 19:39 WIB
Pencatatan penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4/2022).
Pencatatan penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4/2022). /Dokumentasi GoTo/


KARANGANYARNEWS-Dalam rangka menjadikan IPO GoTo sebagai salah satu yang paling inklusif di dunia, GoTo melaksanakan Program Saham Gotong Royong, di mana GoTo mengalokasikan saham sekitar Rp 310 miliar untuk mitra pengemudi, serta membentuk GoTo Future Fund, yaitu dana abadi untuk mendukung inisiatif dan solusi yang memberi manfaat bagi pemangku kepentingan dalam ekosistem GoTo.

Melalui Program Saham Gotong Royong, mitra pengemudi akan menerima saham secara cuma-cuma, setelah berakhirnya masa lock-up, yang sudah berjalan sejak diterimanya pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan sampai delapan bulan setelah tanggal pernyataan efektif tersebut.

Sementara para mitra pedagang dan konsumen diberikan akses prioritas untuk pemesanan saham melalui penjatahan pasti (fixed allotment) selama proses penawaran awal (bookbuilding). Selain itu, melalui Rencana Insentif Jangka Panjang Perusahaan, setelah berakhirnya masa lock-up, karyawan tetap GoTo berkesempatan menjadi pemegang saham perusahaan.

“Akhirnya, pihak yang paling berhak menerima apresiasi untuk pencapaian ini adalah mereka yang sudah bekerja keras untuk tumbuh bersama GoTo," kata CEO Grup GoTo Andre Soelistyo, dalam siaran pers.

"Keberhasilan kami berkat para mitra pengemudi, pedagang, konsumen, dan karyawan. Karena itu, kami berupaya keras memastikan mereka mendapat manfaat dari IPO Perusahaan melalui Program Saham Gotong Royong, yang menjadi salah satu program kepemilikan saham paling inklusif di dunia saat ini."

Hal itu dikatakan dalam seremoni pencatatan dan penyerahan piagam pencatatan di Gedung BEI Jakarta yang dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, serta Direktur Utama BEI Inarno Djajadi.

Senin (11/4/2022),PT GoTo Gojek Tokopedia, resmi tercatat dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham GOTO,

Dari seluruh penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO), GoTo mengumpulkan total dana Rp 15,8 triliun (1,1 Miliar Dolar AS). Terdiri dari penghimpunan dana Rp 13,7 triliun (954,7 Juta Dolar AS) dari penawaran umum saham melalui IPO serta menghimpun dana Rp 2,1 triliun (146,3 Juta Dolar AS) lewat penjualan saham treasuri dalam rangka opsi penjatahan lebih (greenshoe).

"Penghimpunan dana mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 400,3 triliun atau 28 Miliar Dolar AS," kata Andre Soelistyo.

Berdasar jumlah dana yang dihimpun, IPO GoTo merupakan IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia di 2022. IPO GoTo juga menarik partisipasi sekitar 300.000 investor dalam proses penawaran umum saham. Itu merupakan rekor partisipasi tertinggi investor pada proses IPO dalam sejarah pasar modal Indonesia.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah