Hati-Hati Salah Cara Pakai Eyeliner Justru Berbahaya, Kenapa?

- 31 Juli 2021, 18:07 WIB
Ilustrasi. Pengaplikasian eyeliner yang tegas
Ilustrasi. Pengaplikasian eyeliner yang tegas /PEXELS/Freestocksorg/

KARANGANYARNEWS, Kosmetik menjadi hal yang tak terpisahkan dari wanita. Mulai bedak, eyeliner, lipstik dan berbagai macam bedak serta alat make up lain tersedia banyak di pasaran.

Eyeliner digunakan para wanita untuk membentuk garis mata yang indah serta membuat mata terlihat besar, tajam dan segar. Bahkan eyeliner dapat merubah penampilan secara drastis.

Namun Anda perlu, hati-hati dalam pengaplikasian eyeliner. Sebab jika salah memakainya dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Menurut laporan Indian Express, Sabtu(31/7/2021), dokter mata, Brittani Carver, mengungkapkan mengaplikasikan eyeliner pada garis air mata atau garis antara bulu mata dan mata dapat berbahaya.

"Alasan dokter mata tidak merekomendasikan memakai eyeliner di garis air mata Anda karena ada kelenjar khusus yang memproduksi dan mengeluarkan minyak," katanya.

Dr Carver juga menjelaskan bahwa mata yang sehat mengeluarkan minyak yang teksturnya seperti minyak zaitun. Namun ada pasiennya yang matanya mengeluarkan minyak seperti pasta.

Menurutnya pasien tersebut tidak mengeluarkan air mata yang sehat, sehingga mengakibatkan mata kering. Pasienya itu menggunakan eyeliner di garis air mata sejak remaja.

Sementara konsultan senior Oftamologi, Rumah Sakit Indraprastha Apollo, dr Uma Malliah, mengungkapkan hal yang sama dengan dr Carver.

Ia mengungkapkan jika eyeliner cair diaplikasikan di garis air maka akan menimbulkan resiko pada mata. Untuk meminimalisir resiko para ahli merekomendasikan untuk menggunakan kajal atau eyeliner tradisional berbahan organik atau herbal jika ingin mengaplikasikannya di garis air.

Untuk mencegah mata kering, direkomendasikan untuk membersihkan eyeliner atau kajal dengan benar.

"Dengan mempraktikan kebersihan yang baik untuk menghilangkan dan mengaplikasikan kajal atau eyeliner, seseorang dapat menghindari banyak masalah mata yang tidak diinginkan seperti konjingtivitis alergi, yang timbul dari kandungan timbal dalam produk eyeliner dan sindrom mata kering," ungkapnya.

Editor: Zening Demaringtyas

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x