Jangan Kaget! Ini Hasil Tes Kepribadian BTS

- 14 Agustus 2021, 10:30 WIB
BTS Jadi Sorotan Saat Konser di Arab
BTS Jadi Sorotan Saat Konser di Arab /

KARANGANYARNEWS - MBTI adalah tes kepribadian yang banyak dilakukan oleh para idol K-Pop, termasuk BTS. MBTI (The Myers Briggs Type Indicator) adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Melansir dari situs ruangguru, menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti tes MBTI secara online setiap tahun.

MBTI lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P). Dari empat dimensi sifat tersebut dikombinasikan hingga menghasilkan 16 tipe kepribadian.

Anggota BTS sendiri telah beberapa kali melakukan tes MBTI, yang pertama adalah di tahun 2017. Namun sejak itu banyak yang  berubah dari sisi hasilnya. Sebagaimana dikabarkan Koreaboo, RM yang semula INFP berubah menjadi ENFP. Sementara V tetap ENFP seperti sebelumnya.

Melansir dari situs 16personalities, ENFP adalah kepribadian "Juru Kampanye". Tipe ini adalah mereka yang memiliki jiwa bebas sejati. Mereka seringkali menjadi orang yang membuat segala sesuatu menjadi menyenangkan, tetapi mereka kurang tertarik dalam kegembiraan dan kesenangan suasana yang berlebihan dan lebih menikmati hubungan sosial dan emosional yang mereka bangun dengan orang lain.

Menarik, mandiri, penuh semangat, dan berbelas kasihan, jumlahnya yang 7% dari populasi tentu saja dapat dirasakan di setiap keramaian. Lebih dari sekadar orang yang selalu menyenangkan orang lain dan mudah bergaul, Juru Kampanye dibentuk oleh sifat visioner mereka, memungkinkan mereka memahami makna tersirat dengan rasa ingin tahu dan energinya.

Selanjutnya Jimin yang bertipe ENFJ. Tipe ini disebut "Protagonis", yakni pemimpin yang penuh gariah dan kharisma. Mencapai sekitar 2% dari populasi, kepribadian ini mendukung dan menginspirasi orang lain untuk berprestasi dan melakukan kebaikan di dunia ini.

Dengan rasa percaya diri alami yang melahirkan pengaruh, Protagonis sangat bangga dan senang memandu orang lain untuk bekerja sama guna memperbaiki mereka dan masyarakat mereka.

Protagonis memancarkan keaslian, kepedulian dan mementingkan orang lain, tidak takut berdiri dan berbicara ketika mereka meresa ada hal yang perlu disampaikan. Mereka merasa alami dan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Halaman:

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x