5 Jenis Makanan yang Tak Boleh Diberikan untuk Kucing Kesayangan Kamu

- 25 April 2024, 11:30 WIB
5 jenis makanan yang tak boleh diberikan untuk kucing kesayangan kamu. Ada makanan tertentu tak boleh dimakan kucing karena bisa menyebabkan keracunan, gangguan pencernaan, atau penyakit lainnya. (Foto: Pixabay/xxoktayxx)
5 jenis makanan yang tak boleh diberikan untuk kucing kesayangan kamu. Ada makanan tertentu tak boleh dimakan kucing karena bisa menyebabkan keracunan, gangguan pencernaan, atau penyakit lainnya. (Foto: Pixabay/xxoktayxx) /
 
KARANGANYARNEWS - 5 Jenis Makanan yang Tak Boleh Diberikan untuk Kucing Kesayangan Kamu. Ada beberapa makanan tak boleh dimakan kucing karena bisa menyebabkan keracunan, gangguan pencernaan, atau penyakit lainnya. 
 
Berikut daftar makanan harus dihindari untuk kucing kesayangan kamu, disarikan dari berbagai sumber.  
 
1. Cokelat
 
Cokelat mengandung zat methylxanthines yang bisa merusak sistem saraf, jantung, dan paru-paru kucing. Gejala keracunan cokelat pada kucing, antara lain muntah, diare, kejang, detak jantung tidak normal, hingga kematian.
 
 
2. Anggur dan kismis
 
Anggur dan kismis bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing. Gejala keracunan anggur dan kismis pada kucing, antara lain muntah, diare, dehidrasi, penurunan nafsu makan, dan lemas.
 
3. Bawang
 
Bawang, termasuk bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, bisa merusak sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia. Gejala keracunan bawang pada kucing, antara lain gusi pucat, lesu, urine gelap, dan nafas cepat.
 
 
4. Daging dan telur mentah
 
Daging dan telur mentah bisa mengandung bakteri berbahaya, seperti salmonella, E coli, atau toxoplasma yang bisa menyebabkan infeksi pada kucing.
 
Daging dan telur mentah juga bisa mengganggu penyerapan vitamin B pada kucing yang bisa menyebabkan masalah pada kulit dan bulu.
 
5. Susu dan produk olahannya
 
Susu dan produk olahannya, seperti keju, yoghurt, atau es krim, bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.
 
 
Binatang ini tidak bisa mencerna laktosa dengan baik. Gejala gangguan pencernaan pada kucing, antara lain muntah, diare, dan kembung.
 
Selain makanan di atas, ada pula makanan lain tak boleh dimakan kucing, seperti kacang, jamur, tomat, dan tuna kaleng. Jadi, pilihlah makanan yang sesuai untuk kucing kamu! ***
 

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x