5 Tips Jitu Masuk Kampus Negeri Favorit, Dijamin Lolos!

- 23 Februari 2023, 16:08 WIB
5 tips jitu masuk kampus negeri favorit, dijamin lolos. Perguruan tinggi negeri (PTN) hingga saat ini masih menjadi sasaran bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan studi. (Foto ilustrasi: Pixabay)
5 tips jitu masuk kampus negeri favorit, dijamin lolos. Perguruan tinggi negeri (PTN) hingga saat ini masih menjadi sasaran bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan studi. (Foto ilustrasi: Pixabay) /

KARANGANYARNEWS - 5 Tips Jitu Masuk Kampus Negeri Favorit, Dijamin Lolos! Perguruan tinggi negeri (PTN) hingga saat ini masih menjadi sasaran bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan studi.

Tentu, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri tidaklah mudah sebab memiliki tingkat seleksi ketat.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan usaha untuk mencapai kampus impian. Yuk simak tips masuk kampus impian berikut ini.

Baca Juga: Pasar Ikan Balekambang: Destinasi Wisata Malam Hits di Solo, Surganya Seafood

  1. Pilih jalur seleksi paling tepat

Tahun ini ada tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri bisa kamu pilih, yakni SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri. Setiap jalur seleksi punya karakteristik dan persyaratannya masing-masing.

SNBP memiliki tujuan untuk menjaring siswa yang menunjukkan prestasi tinggi di bidang akademik dan nonakademik.

Jadi kamu harus memastikan nilai rapor masuk ke dalam 40 persen tertinggi untuk sekolah akreditasi A, 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan lima persen untuk sekolah akreditas C.

Baca Juga: Es Coklat Impian, Minuman Kekinian yang Hits dengan Harga Miring

Prestasi nonakademik juga penting, seperti menjuarai kompetisi Saintek dan Seni-Budaya akan menunjang daya saing di SNBP.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x