Tips Mengajarkan Anak Berpuasa, Gampang Dipraktikkan

- 12 April 2022, 23:02 WIB
Tips mengajarkan anak berpuasa. Orangtua sebaiknya mengajarkan sejak dini kepada anak agar mendapatkan pemahaman tentang puasa. (Foto ilustrasi: Pixabay/finelightarts)
Tips mengajarkan anak berpuasa. Orangtua sebaiknya mengajarkan sejak dini kepada anak agar mendapatkan pemahaman tentang puasa. (Foto ilustrasi: Pixabay/finelightarts) /

KARANGANYARNEWS - Tips Mengajarkan Anak Berpuasa. Ramadan merupakan bulan istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia. Selain diwajibkan berpuasa, di bulan suci ini banyak pahala diberikan kepada setiap umat Muslim yang melakukan ibadah dan amal kebaikan lainnya;

Terkait kewajiban berpuasa, orangtua sebaiknya mengajarkan sejak dini kepada anak agar mendapatkan pemahaman tentang pentingnya aktivitas ibadah tersebut.

Puasa di Bulan Ramadan bukan termasuk ibadah wajib bagi anak sampai mereka baligh (dewasa).

Baca Juga: Stefano Lilipaly Hijrah ke Persis Solo?

Namun, mengajarkan anak berpuasa bisa dilakukan sejak usia dini agar mereka terbiasa melatih dirinya.

Mengajarkan dan mengenalkan anak untuk mencintai Bulan Ramadan dan belajar berpuasa memang wajib dilakukan setiap orangtua.

Dengan mencintai bulan suci umat Islam ini, mereka akan merasa senang menjalankan aktivitas di Bulan Ramadan, termasuk berbuka dan sahur serta semangat untuk berpuasa.

Tiap anak memiliki kesiapan belajar berpuasa berbeda-beda dan bervariasi bergantung keadaan fisiknya.

Jika anak belum bisa berpuasa penuh, latihlah dahulu setengah hari berpuasa, berbuka saat azan zuhur dan melanjutkan lagi untuk berpuasa sampai magrib.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: TribrataNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x