8 Kampus Kristen Muhammadiyah Tersebar di Berbagai Wilayah

- 24 April 2024, 20:35 WIB
Wisuda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang, satu diantara 8 Kampus Krismuha
Wisuda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang, satu diantara 8 Kampus Krismuha /Foto: umuhkupang.ac.id /

KARANGANYAENEWS - Tak banyak yang tahu, inilah 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di berbagai wilayah Indonesia yang mendapat julukan  Kampus Kristen Muhammadiyah atau Krismuha. Karena,  70 sampai 80 persen mahasiswanya beragama Kristen dan Katolik.

Tabiat toleran inklusif Muhammadiyah, telah ditunjukkan sejak awal berdirinya ormas keagamaan terbesar di Indonesia ini, dengan pelayanan sosial yang tidak memandang atau membedakan latar belakang.

Baik perbedaan suku, agama, dan ras. Tahun 1942 lalu, dalam pidatonya Dokter Soetomo memuji etika welas asih oganisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan ini. 

 Baca Juga: Dr. Agus Taufiqurrahman: Muhammadiyah Tak Pernah Minta Jatah Menteri

 Sepanjang sejarah, Muhammadiyah telah membuktikan tolerensinya tadi dalam berbagai layanan kepada masyarakat.  Baik dalam pelayanan sosial, kesehatan, maupun pendidikan di beberapa wilayah Indonesia yang  mayoritas warganya umat non-muslim.

Dalam bidang pendidikan, Universitas Muhammadiyah bahkan sampai dijuluki sebagai Kampus Kristen Muhammadiyah (Krismuha). Karena,  70 sampai 80 persen mahasiswanya beragama Kristen dan Katolik.

 

8 Kampus Kristen Muhammadiyah

Dalam unggahan kanal Pandangan Jogja, Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti menyebut saat ini sudah ada 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang masuk kategori Kampus Kristen Muhammadiyah.

 Baca Juga: Orasi Demo PHPU Pilpres 2024, Din Syamsudin: Apapun Keputusan MK Bukan Kiamat

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x