FLN 2024 Targetkan 123 Ribu Karya, Jadikan Solo Kota Literasi Dunia

- 28 April 2024, 20:05 WIB
Festival Literasi Nasional (FLN) menargetkan 123 ribu karya terkumpul pada 2024. Karya berupa buku, artikel, puisi, dan lainnya, baik dari siswa, guru maupun dosen. (Foto: Dok. Istimewa)
Festival Literasi Nasional (FLN) menargetkan 123 ribu karya terkumpul pada 2024. Karya berupa buku, artikel, puisi, dan lainnya, baik dari siswa, guru maupun dosen. (Foto: Dok. Istimewa) /
 
KARANGANYARNEWS - Nyalanesia Festival Literasi Nasional (FLN) menargetkan 123 ribu karya terkumpul pada 2024. Karya berupa buku, artikel, puisi, dan lainnya, baik dari siswa, guru maupun dosen. Startup Nyalanesia pada 2023 berhasil membimbing hingga lahir 83 ribu karya.
 
Founder Nyalanesia, Lenang Manggala, mengatakan untuk mencapai target tersebut tahun ini dilakukan banyak perjanjian kerja sama dengan sekolah.
 
Rangkaian Festival Literasi Nasional 2024 di Solo dibuka dengan gala dinner sebagai ruang kolaborasi antara pemerintah hingga komunitas di House of Danar Hadi, Solo, Jumat, 26 April 2024.
 
 
"Festival Literasi Nasional ini sudah berjalan delapan tahun. Berdiri di Solo dan selama ini kita selalu mengadakan di Solo. Sejak awal berdiri kita punya tujuan untuk menjadikan Solo ini sebagai kota literasi dunia dan ini menjadi bagian dari tugas kami," jelasnya.
 
Saat gala dinner juga dilakukan penandatanganan kerja sama program literasi dengan tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Maros, Kebumen, dan Berau.
 
"Kami akan mendampingi sekolah-sekolah di kabupaten tersebut selama satu tahun untuk mendapatkan pelatihan sampai penerbitan buku dan pengembangan website," kata Lenang Manggala.
 
Tercatat hingga saat ini sudah 16 daerah bekerja sama dalam pendampingan literasi.
 
 
"Pendampingan pelatihan ini tujuannya adalah penerbitan karya-karya dari siswa dan guru. Selain pelatihan literasi, baca tulis digital, nomor resi, dan lainnya, mereka akan didampingi untuk menulis karya," terang Lenang Manggala.  
 
"Ada puisi, cerpen, artikel dan karya tulis, komik, novel, dan lainnya. Nantinya karya tersebut akan diterbitkan menjadi buku," imbuhnya.
 
Selain gala dinner, Nyalanesia akan mengadakan puncak acara FLN 2024 di Terminal Tirtonadi Solo sebagai ajang apresasi untuk 80 ribu karya lomba dari 778 peserta.
 
Selain itu ada pula penganugerahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan juga acara NyalaTalks.
 
 
Dalam sambutannya pada acara gala dinner, Ketua Festival Literasi Nasional 2024, Imam Subchan, mengatakan FLN digelar di berbagai kota di Indonesia memiliki tujuan mengasah semangat cinta rasa dan karsa.
 
Ia juga meminta dukungan kepada seluruh stakeholder yang hadir agar bisa selalu menghidupkan literasi di Indonesia.
 
"Melalui semangat ini Nyalanesia mendukung terwujudnya pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengembangan intelektual, namun juga etika dan estetika," kata Imam Subchan. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x