10 Tips Ampuh Lolos Seleksi CPNS 2024, Siapkan Dokumen dan Latihan Soal Mulai Sekarang

- 3 Mei 2024, 19:05 WIB
10 tips ampuh lolos seleksi CPNS 2024, siapkan dokumen dan latihan soal mulai sekarang. Seleksi CPNS pada Mei 2024 dengan kuota sebanyak 2,3 juta formasi untuk berbagai instansi pemerintah. (Foto: setkab.go.id)
10 tips ampuh lolos seleksi CPNS 2024, siapkan dokumen dan latihan soal mulai sekarang. Seleksi CPNS pada Mei 2024 dengan kuota sebanyak 2,3 juta formasi untuk berbagai instansi pemerintah. (Foto: setkab.go.id) /

KARANGANYARNEWS - 10 Tips Ampuh Lolos Seleksi CPNS 2024. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 sedianya dibuka pada Maret 2024, akhirnya mundur jadi Mei dengan kuota sebanyak 2,3 juta formasi untuk berbagai instansi pemerintah.

Nah, buat kamu yang punya cita-cita jadi Aparatur Sipil Negara (ASN), persiapan matang tentunya diperlukan guna menghadapi seleksi yang ketat dan kompetitif.

Tahapan seleksi terdiri atas seleksi administrasi dan seleksi kompetensi, meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk menguji kemampuan intelegensi, wawasan, dan karakteristik pribadi.

Adapun untuk meningkatkan peluang lolos, persiapan matang diperlukan, termasuk pemahaman soal persyaratan, pengetahuan umum, pelatihan, persiapan mental dan fisik, pemahaman materi ujian, serta latihan soal.

Baca Juga: Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei: Menengok Kiprah dan Perjuangan Ki Hajar Dewantara

Berikut tips yang perlu kamu perhatikan.

  1. Siapkan dokumen persyaratan

Siapkan dokumen persyaratan dengan lengkap dan benar, termasuk Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, pasfoto, swafoto, dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Pastikan dokumen kamu sesuai dengan data diri yang diisi di portal SSCASN dan tidak ada kesalahan atau kecacatan yang bisa merugikan dirimu sendiri.

  1. Pilih formasi CPNS

Pilih formasi CPNS sesuai kualifikasi, jurusan, dan minat kamu. Jangan memilih formasi yang tak sesuai dengan kualifikasi karena dapat menyulitkan dalam seleksi kompetensi bidang.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah