Wonho Akan Comeback dengan Mini Album Blue Letter

- 22 Agustus 2021, 21:28 WIB
Wonho dalam album terbarunya
Wonho dalam album terbarunya /Twitter/@official__wonho

KARANGANYARNEWS - Wonho akan comeback dengan album mini keduanya "Blue Letter". Dalam Instagram pribadinya pada 19 Agustus, ia mengunggah poster berwarna biru dengan kata seperti "Blue" dan "Together".

Ini akan menjadi rilis terbaru Wonho setelah album mini pertamanya "Love Synonym" yang terdiri dari dua bagian yakni "Pt. 1: Right for Me" dan Pt. 2: Right for Us".

Wonho debut sebagai solois dengan merilis album mini "Love Synonym Pt. 1 : Right for Me" pada 4 September 2020. Wonho ambil bagian baik sebagai penulis lirik, komposer maupun arranger untuk lagu-lagu dalam album itu.

Lagu pre-releasenya yakni "Losing You" berhasil memuncaki chart iTunes di 16 negara paska dirilis pada 14 Agustus, yakni di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Prancis, Singapura, Malaysia, Peru, Chile, Polandia, Rumania, Swiss, Spanyol, Norwegia, Selandia Baru, Meksiko, dan Austria.

Album dengan lagu lain seperti "I Just" dan "With You" itu juga berhasil memuncaki chart album iTunes di berbagai negara seperti AS, Prancis, Inggris, Jerman, Kanada, Australia, dan Brazil.

Penyanyi bernama lahir Lee Ho Seok ini juga berhasil debut di 6 chart Billboard sekaligus dengan album itu, yakni di chart World Albums, Heatseekers, Album Sales, Current Album Sales, World Digital Song Sales, dan Emerging Artist. Album itu juga berhasil memuncaki chart Oricon di Jepang dan chart Gaon di Korsel.

Wonho kemudian merilis "Love Synonym Pt. 2 : Right for Us" pada 26 Februari 2021. Ada 8 lagu dalam album itu, yangmana Wonho kembali berperan sebagai komposer, arranger maupun penulis liriknya, yakni dalam lagu "Lose", "Best Shot", "Weneed", "Flash", dan "Outro: And".

"Lose" diciptakan oleh Noah Conrad, Tony Ferrari, dan Roland Spreckley. Liriknya ditulis oleh Wonho dan Brother Su, sementara Wonho menjadi arrangernya bersama STEREO14. "Lose" juga memiliki versi Bahasa Inggris. Lagu lain dalam album itu adalah "Devil" dan "Ain't About You" (featuring Kiiara). Lagu-lagu itu berhasil masuk chart World Digital Song Sales atau chart penjualan lagu-lagu digital dunia di Billboard.

Wonho memperoleh peringkat tertinggi untuk solois K-Pop dari chart Hanteo dalam hal otentikasi album. Ada total 426 album dari artis K-Pop yang telah diotentikasi hingga pertengahan tahun ini. Otentikasi album K-Pop seperti ini dianggap sebagai langkah maju dalam proses pembelian album, dan merupakan satu-satunya data yang dapat menganalisis "end user/pengguna akhir" album, atau dengan kata lain, penggemar sejati atau pembeli nyata album tersebut. Karena itu, penting untuk melihat tidak hanya penjualan album tetapi juga otentikasi album untuk benar-benar melihat seberapa populer dan suksesnya artis K-Pop.

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah