Cara Tepat Memanaskan Kendaraan, Awas Jangan Asal Hidupkan Mesin!

- 14 Mei 2024, 21:05 WIB
Cara tepat memanaskan kendaraan, awas jangan asal hidupkan mesin. Memanaskan mesin terlalu lama justru tidak bagus dan boros bensin. (Foto: Pixabay/t0masx1)
Cara tepat memanaskan kendaraan, awas jangan asal hidupkan mesin. Memanaskan mesin terlalu lama justru tidak bagus dan boros bensin. (Foto: Pixabay/t0masx1) /

KARANGANYARNEWS - Cara Tepat Memanaskan Kendaraan, Awas Jangan Asal Hidupkan Mesin. Pernahkah kamu berpikir berapa lama waktu tepat untuk memanaskan mesin motor sebelum dipakai? Banyak orang beranggapan semakin lama memanaskan mesin, semakin baik.

Faktanya, anggapan itu salah. Memanaskan mesin terlalu lama justru tidak bagus dan boros bensin. Berikut tips cara tepat memanaskan kendaraan.

  1. Durasi Singkat

 Lupakan mitos memanaskan mesin lama-lama. Cukup dua hingga lima menit untuk motor nonmatik dan 30 detik untuk motor matik. Waktu memanaskan mesin motor maksimal sepuluh menit saja. Jangan melebihi dari waktu ini karena bisa boros bensin.

Baca Juga: Rizky Febian dan Mahalini Resmi Menikah, Netizen Minta Iky Tak Sakiti Lini

  1. Diamkan saja, Tak Perlu Digas

Saat memanaskan mesin, biarkan mesin menyala dengan kondisi stasioner. Tak perlu digas karena oli sudah cukup tersirkulasi dengan sendirinya.

  1. Fokus Memanaskan, Hindari Aktivitas Lain

Memanaskan mesin hanya membutuhkan waktu singkat. Jangan lupakan motor yang sedang dipanaskan dan lakukan aktivitas lain. Pastikan fokus agar tidak memanaskan mesin terlalu lama.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba, Dijamin Tubuh Fit Terus

Ada pula manfaat memanaskan kendaraan sebelum digunakan.

  1. Melancarkan sirkulasi oli ke seluruh komponen mesin
  2. Menjaga suhu mesin agar optimal.
  3. Membantu proses pembakaran bahan bakar.
  4. Memperpanjang usia mesin.

Memanaskan mesin motor dengan tepat tidak hanya membuat perjalananmu lebih nyaman, tapi juga membantu menjaga performa dan usia mesin. Ingat, durasi singkat, diamkan, dan fokus adalah kunci.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah