Menghapus 5 Sial dalam Ritual Padusan. Apa Sajakah Itu..?

- 31 Maret 2022, 20:25 WIB
Umbul Sungsang di Boyolali menjadi salah satu tempat padusan favorit
Umbul Sungsang di Boyolali menjadi salah satu tempat padusan favorit /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Manusia dilahirkan dengan membawa banyak kesialan dalam hidupnya. Dengan ritual padusan, seluruh kesialan itu akan terhapus. Sehingga hidup akan jadi lebih baik.

Karena itulah beberapa orang meyakini bahwa pemilihan tempat di mana mereka melakukan padusan sangat penting.

Dan tempat tersebut biasanya tergolong tempat yang diyakini bertuah. Hal ini tentu tak lepas dari keyakinan adanya aura tersendiri yang bisa berpengaruh pada diri seseorang yang mandi di sana.

Baca Juga: Mandi Junub Setelah Imsak, Batalkah Puasa Ramadhannya?

Keyakinan ini sebenarnya berangkat dari makna padusan yang berarti tempat mandi. Yang mana dalam konteks ini maksudnya adalah tempat mandi yang secara khusus memiliki nilai lebih.

Nilai lebih yang dimaksud tentunya adalah pancaran berkahnya. Sehingga membuat tempat-tempat tersebut berbeda dengan tempat yang lain.

“Ada berbagai pertimbangan khusus dalam menentukan tempat untuk ritual. Dan hal yang paling mendasar adalah pancaran energi positif dari tempat itu. Hal ini tentu dipegang teguh oleh nenek moyang kita dulu. Karena itu, sampai sekarang tempat-tempat yang dulu biasa dipakai untuk ritual, tetap banyak didatangi orang untuk menjalankan ritual di sana,” jelas budayawan Solo KRHT. Kresna Handayaningrat, seperti dikutip dari Majalah LIBERTY edisi Juni 2015.

Ada keyakinan bahwa energi positip yang terpancar dari tempat itu bisa meningkatkan kualitas hidup. Dan hal ini bukan omong kosong.

Banyak kasus yang bisa membuktikan kebenaran hal itu. Di antaranya banyaknya orang yang selalu berusaha mengambil air-air itu untuk mengobati berbagai penyakit ataupun media ritual.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x