Kudus harus Dikunci, agar Varian Delta tidak Menyebar ke mana-mana

- 25 Juni 2021, 15:27 WIB
Gubernur Jawa Tengah bersepeda berkeliling kota Semarang memantau kasus covid-19.
Gubernur Jawa Tengah bersepeda berkeliling kota Semarang memantau kasus covid-19. /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Kudus harus dikunci, agar tidak ada penyebaran virus corona varian delta. Untuk itu, kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, penanganan di sana dioptimalisasi.

Istilahnya ada penebalan, baik tenaga kesehatan, layanan kesehatan, alat kesehatan termasuk penebalan TNI/Polri," kata Ganjar ditemui usai gowes pagi di rumahnya, Jumat (25/6).

Lebih lanjut gubernur mengatakan, varian delta hanya menjangkiti Kabupaten Kudus. Dari beberapa sampel yang dikirim dari sejumlah daerah, semua hasilnya negatif varian delta.

"Sampai hari ini, baru yang ada di Kudus. Maka saya minta nanti report terakhir evaluasinya seperti apa. Kemarin sampel untuk genome sequencing hampir semua wilayah di Jateng diambil. Dan yang sudah jadi, hasilnya negatif. Tidak ada varian baru," kata Ganjar.

Meski beberapa daerah ada yang belum keluar hasilnya, kata dia, namun sebagian besar yang dikirim, hasilnya negatif varian delta. Pihaknya masih menunggu, tapi dia berharap mudah mudahan tidak.

"Untuk penanganan kasus varian baru di Kudus, kini sudah dilakukan dengan ketat. Masyarakat Kudus dan sekitar juga diharapkan membantu sekaligus berjaga-jaga," terangnya.

Meski varian delta hanya ditemukan di Kudus, namun Ganjar tetap meminta semua daerah untuk siaga. Masyarakat diminta tetap tertib menjalankan 5 M dan pemerintah diminta meningkatkan 3 T.

"Digenjot saja, kalau semua daerah merah bisa melakukan itu, maka akan cepat. Begitu ketahuan, segera mikrozonasi. Lockdown tingkat RT harus dilakukan. Sebanyak-banyaknya RT dilockdown tidak apa-apa, laporkan ke kami nanti akan kami bantu, termasuk bantuan Babinsa/Bhabinkamtibmas untuk menjaga. Sehingga efektivitasnya bisa optimal," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menambahkan, hampir semua daerah di Jateng sudah mengirimkan sampel genome squencing. Namun hasil yang dinyatakan positif varian delta baru Kudus.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x