Wapres Ma'ruf Amin: Vaksinasi Salah Satu Kunci Keberhasilan Penanganan Covid-19

- 1 Juli 2021, 09:00 WIB
Wapres RI Ma'ruf Amin.
Wapres RI Ma'ruf Amin. /Kemenkominfo RI

KARANGANYARNEWS - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin menekankan, salah satu kunci keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia adalah program vaksinasi Covid-19 yang berperan vital.

Mengutip akun resmi Kemenkominfo, ia berharap target vaksinasi nasional bagi satu juta - dua juta orang per hari dapat tercapai, sehingga kekebalan komunal Indonesia segera terwujud.

Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat yang sudah divaksinasi tetap menjaga protokol kesehatan, melindungi yang belum mendapat vaksin, membantu menyampaikan informasi, memberikan edukasi, mengajak masyarakat yang belum vaksin ikut program vaksinasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Vaksinasi tidak berarti kita kebal dan terbebas dari Covid-19, vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan. Tetapi vaksinasi mampu mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19," terangnya.

Baca Juga: Covid-19 Meningkat, Tes PCR harus Diperbanyak

Vaksinasi dinilai sangat penting mengingat peningkatan kasus positif Covid-19 dalam satu bulan terakhir. Dampaknya, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit bagi pasien Covid-19 tinggi. 

Misalnya, di Tangerang Selatan, salah satu kota penyangga ibukota, tingkat BOR ICU sudah mencapai 98% dari total 51 kamar ICU yang tersedia.

Pemerintah dan Pemerintah Daerah berupaya menambah jumlah tempat tidur, tenaga kesehatan, memperketat pembatasan mobilitas masyarakat, mengintensifkan testing dan tracing, serta melakukan vaksinasi secara besar-besaran untuk penanganan Covid-19.

Demikian ungkap Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat membuka Vaksinasi Massal Tahap II Kerja Sama Yayasan Dewa Dewi Indonesia dengan Traveloka dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui konferensi video, pada Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Gejala Covid-19 dari Hari ke Hari, Ini Urutannya

"Khusus untuk Kota Tangerang Selatan, sebagai bagian dari klaster ibu kota, dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa, maka untuk mencapai herd immunity, vaksinasi harus mencapai sekitar 800.000 orang, dengan target vaksinasi minimal 5.000 orang per hari," tegasnya.

Pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas peran dan kontribusi nyata Yayasan Dewa Dewi Indonesia dan Traveloka yang membantu Pemerintah, khususnya Pemkot Tangerang Selatan dalam percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya penanganan Covid-19.

Ma'ruf Amin berharap, melalui kegiatan vaksinasi massal tahap II dengan target lansia, tenaga pendidik, dan penyandang disabilitas ini, percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya penanganan Covid-19 terus berjalan.

"Saya berharap kerja sama yang baik ini perlu dilanjutkan dan ditingkatkan serta diperluas, khususnya pada wilayah sentra vaksinasi lainnya di sekitar daerah penyangga Ibu Kota Jakarta dan juga daerah-daerah yang masih rendah cakupan vaksinasinya," ungkapnya.

 

Editor: Arumi Sutrisni Putri

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x