Menkominfo Dorong Digitalisasi BUMDes, UMKM, Ultra Mikro dan Koperasi On Boarding

- 1 Juli 2021, 23:05 WIB
Ilustrasi digitalisasi UMKM.
Ilustrasi digitalisasi UMKM. /Pixabay/Hannes Edinger

KARANGANYARNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, langkah nyata pemerintah dalam percepatan transformasi digital salah satunya untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Menurutnya, hal itu bertumpu pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), ultra mikro dan koperasi yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Hal itu diungkap Menkominfo dalam Webinar Era Baru Transformasi Digital: Pengembangan Konektivitas Desa (BUMDes) dan UMKM, dari Rumah Dinas Menkominfo, Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Kemenparekraf Akan Kolaborasi dengan National Geographic Promosikan Program Spirit of Indonesia

"Transformasi digital pada sektor BUMDes, usaha mikro kecil, menengah, ultra mikro, dan tentunya koperasi yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia," ujarnya.

Menurut Menkominfo, kontribusi BUMDes, UMKM, ultra mikro dan koperasi saat ini 61% dari total produk domestik bruto (PDB) nasional. Meski saat ini, baru 21% dari empat sektor tersebut yang melakukan digital on boarding.

"Jumlah ini masih cukup jauh di bawah rata-rata digitalisasi UMKM dan Ultra mikro ASEAN yang pada kisaran 34%," jelasnya.

Baca Juga: Kemnaker: Layanan Publik e-PP dan e-PKB Terus Berlanjut Meski Masih Pandemi

Di saat yang sama, 60% UMKM ultra mikro di Australia telah memiliki digital presence atau sudah hadir digital on board, dan 54% UMKM Malaysia telah mengadopsi teknologi digital.

Halaman:

Editor: Arumi Sutrisni Putri

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x