Pemerintah Gratiskan 20 Ribu Pelatihan Digital Tingkat Dasar

- 1 Juli 2021, 23:47 WIB
Ilustrasi pelatihan digital.
Ilustrasi pelatihan digital. /Pixabay/Free-Photos

KARANGANYARNEWS - Pemerintah melaksanakan 20 ribu pelatihan literasi digital tingkat dasar dalam Program Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2021. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan program tersebut gratis untuk rakyat Indonesia.

Hal itu diungkap dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT, di Hotel Aston Kupang, Senin (28/6/2021).

“Kalau satu tahun 360 hari, untuk 20 ribu pelatihan bisa dibayangkan ada berapa pelatihan per hari, bisa ratusan pelatihan per hari secara serius dan sungguh-sungguh. Karena itulah koordinasi menjadi sangat penting, dan ini untuk rakyat. Apakah membayar? Tidak, gratis,” ujarnya.

Melalui pelatihan digital tingkat dasar yang akan dilakukan secara fisik atau tatap muka itu, Menkominfo berharap koordinasi dan mobilisasi menjadi kunci pentingnya menyukseskan program nasional tersebut.

“Yang kita butuhkan adalah koordinasi dan mobilisasi dilakukan secara fisik, tidak perlu hybrid. Perlu ada kehadiran mereka. Tapi kalau secara hybrid , simultan secara fisik dan virtual, dengan memanfaatkan teknologi virtual meeting, ini sudah disiapkan,” jelasnya.

Baca Juga: Dorong UMKM Bangkit, Kominfo Ambil Langkah Cepat

Menurut Johnny, pelatihan kecakapan digital tingkat dasar ditujukan untuk memberikan literasi kepada masyarakat. Hal itu penting sebagai bagian dari upaya memanfaatkan infrstruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dibangun Pemerintah. Bahan ke depan, akan dilaksanakan pula program digital government serta smart city.

“Kalau masyarakatnya belum ikut di dalamnya (program literasi digital nasional), maka ini kendala besar. Karenanya, Kominfo menekankan betul untuk mengambil bagian dihilirisasi melalui pelatihan-pelatihan digital, pelatihan untuk menghasilkan talenta-talenta digital, sumberdaya manusia digital,” tandasnya.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Provinsi NTT itu, Menkominfo mengajak Bupati dan Wakil Bupati, Camat hingga Kepala Desa untuk ikut mengambil bagian di level basic skills atau tingkat kecakapan dasar.

Halaman:

Editor: Arumi Sutrisni Putri

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x