Dorong UMKM Bangkit, Kominfo Ambil Langkah Cepat Digitalisasi UMKM

- 1 Juli 2021, 23:45 WIB
Ilustrasi digitalisasi UMKM.
Ilustrasi digitalisasi UMKM. /Pixabay/StartupStockPhotos

KARANGANYARNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika bergerak cepat mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bangkit kembali dari dampak pandemi Covid-19.

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pihaknya menerapkan berbagai kebijakan strategis untuk mendongkrak eksistensi pelaku UMKM. Hal itu diungkap dalam cara Kilau Digital Permata Flobamora di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/6/2021). 

"Kita langsung mengambil langkah cepat dengan membentuk Forum Ekonomi Digital Kominfo yang dihadiri oleh 11 operator digital yang bersepakat menjadikan UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Pemanfaatan 5G untuk Industri Dalam Negeri

Menurut Johnny, pelaku UMKM perlu mendapatkan dukungan nyata untuk bangkit kembali dari dampak pandemi. Dengan cara, mengalihkan kegiatan dagang melalui platform digital atau berdagang dalam jaringan (daring) melalui ruang digital atau digitalisasi UMKM.

"Dengan menggunakan ruang digital, disinyalir potensi dagang daring yang dilakukan dapat menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Mengingat daya jangkau yang menembus batas wilayah daerah bahkan bisa mencapai negara lain," tuturnya.  

Kemenkominfo berkomitmen menyediakan jaringan telekomunikasi komunikasi berkualitas yang bisa digunakan pelaku usaha di atas dalam kegiatan dagang daring. Melalui jaringan ini, pelaku bisa melakukan dagang daring dari rumahnya masing-masing tanpa harus bertatap muka. 

"Kita mempunyai 348.000 KM panjang kabel fiber optik yang akan membuat jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai daerah," jelas Menkominfo.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan STB Gratis ke Masyarakat Kurang Mampu Mulai Juli 2021

Halaman:

Editor: Arumi Sutrisni Putri

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x