Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pembangunan 17 Bendungan Dirampungkan Tahun Ini

- 9 September 2021, 23:53 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pada 2021 pemerintah menargetkan menyelesaikan pembangunan 17 bendungan. (Foto: Humas Setkab/Jay)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pada 2021 pemerintah menargetkan menyelesaikan pembangunan 17 bendungan. (Foto: Humas Setkab/Jay) /

KARANGANYARNEWS - Pemerintah tengah giat membangun infrastruktur bendungan di berbagai daerah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pada 2021 pemerintah menargetkan menyelesaikan pembangunan 17 bendungan.

Hal itu disampaikan presiden saat memberikan sambutan pada peresmian Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis, 9 September 2021 siang.

“Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan. Kita harapkan dengan bendungan yang ada ini, sekali lagi, ketahanan pangan kita akan bisa kita perkuat dan kita tingkatkan,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: 5 Instansi Sinergi Tingkatkan Layanan Pengaduan Masyarakat SP4N-LAPOR!

Bendungan Paselloreng merupakan bendungan ke delapan yang telah diselesaikan pemerintah dan diresmikan Jokowi pada 2021.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sangat besar, yakni 138 juta meter kubik dan mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektare.

Sebelumnya, pada 14 Februari Kepala Negara meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim).

Infrastruktur bendungan pertama yang diresmikan presiden di 2021 ini memiliki kapasitas mencapai 8,68 juta meter kubik dan dapat mengairi irigasi lahan pertanian seluas 600 hektare.

Selanjutnya, selang beberapa hari, pada 18 Februari 2021, Jokowi meresmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah