Menikah dan IP Kurang dari 3,25, Beasiswa KIP-Kuliah Bakal Dicabut

- 24 November 2021, 21:07 WIB
Penyerahan SK bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dan BPMKM minat bakat oleh Rektor Unisri Solo Prof Sutardi di kampus setempat, Selasa (23/11/2021)
Penyerahan SK bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dan BPMKM minat bakat oleh Rektor Unisri Solo Prof Sutardi di kampus setempat, Selasa (23/11/2021) /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Para mahasiswa Unisri Solo penerima beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar - Kuliah) untuk konsentrasi pada studi atau kuliah agar memperoleh nilai yang baik seperti disyaratkan Kemenristek Dikti, yakni indeks prestasi 3,25.

Para mahasiswa Universitas Slamet Riyadi penerima beasiswa KIP Kuliah juga diminta untuk tidak menikah di tengah jalan. Kalau salah satu atau kedua aturan itu dilanggar, kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerja Sama Dr Sutoyo, maka beasiswa itu akan dicabut.

Hal itu dikatakan ketika memberi sambutan dalam penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dan BPMKM minat bakat di kampus setempat, Selasa (23/11/2021).

"Atas nama universitas, saya katakan, tentu mahasiswa sebagai penerima beasiswa bersyukur karena tidak semua mahasiswa mendapatkan beasiswa. Sebab, persaingan seleksi untuk memperoleh beasiswa khususnya beasiswa KIP Kuliah cukup ketat," kata Sutoyo.

Di samping pengetahuan yang akan diperoleh, lanjut Sutoyo, atitute mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah juga perlu ditekankan. Mahasiswa harus memiliki sikap yang baik, hubungan horisontal dengan teman mahasiswa dengan dosen, pimpinan dan tenaga kependidikan.

"Dalam hubungan horisontal dan vertikal, atitutnya harus baik. Karena salah satu kunci sukses mahasiswa ada di atitute," kata Sutoyo.

Pengelola program KIP Kuliah Unisri, Wartoyo melaporkan, mahasiswa Unisri penerima beasiswa KIP-K sebanyak 124 mahasiswa dan mahasiswa penerima beasiswa BPMKM minat dan bakat sebanyak 30 mahasiswa.

Jadi, jumlah mahasiswa Unisri penerima beasiswa untuk kedua program itu (KIP Kuliah dan BPMKM) di tahun ajaram 2021/2022 sebanyak 154 mahasiswa.

"Saya minta mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa BPMKM minat bakat untuk aktif berorganisasi di kampus dan mampu menunjukkan prestasi," kata Wartoyo.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x