Gandeng PGN, Desa Karangrejo Magelang Jadi Desa Mandiri Energi

- 8 Maret 2022, 07:48 WIB
Gasblock yang dipasang Perusahaan Gas Negara (PGN) di Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, Magelang.
Gasblock yang dipasang Perusahaan Gas Negara (PGN) di Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, Magelang. /Humas Pertamina/

KARANGANYARNEWS-Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PGN di Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, Magelang memperkenalkan gasblock sebagai ikon baru.

Ikon itu sebagai bentuk interaksi dan kolaborasi antara energi baik gas bumi yang ramah lingkungan dengan Desa Energi PGN yang unik, asri, dan kaya akan budaya Indonesia.

Beberapa fasilitas baru ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan, terutama bagi yang berwisata di Candi Borobudur.

Untuk mewujudkan kolaborasi energi dalam lanskap keindahan bumi Borobudur, PGN membangun pipa gas sepanjang 3.900 meter guna melayani 204 Sambungan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga warga sekitar Balkondes tepatnya di Dusun Kretek dan Bumen.

Gasblock memasang monumen Meter Regulating System (MRS) ukuran G.1600 yang biasanya digunakan untuk pelanggan industri dan bulk customer dengan diameter pipa 12 inch dan 16 inch.

Selanjutnya menggunakan energi gas bumi sebagai energi untuk water heater homestay balkondes, meja obor beberapa lokasi, obor api abadi di beberapa titik.

Menurut General Manager Sales Operation Region 3 Wilayah Jatim Jateng (SOR 3) PGN, Iwan Yuli Widyastato, tujuan dibangunnya Balkondes Karangrejo adalah sebagai wadah dan wujud manunggalnya perusahaan dan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

"Selain itu, juga memperkenalkan Desa Karangrejo sebagai desa energi," ujar Iwan pada acara syukuran Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PGN Karangrejo, (05/03/2022).

Balkondes PGN Karangrejo memiliki layanan homestay yang terdiri atas 4 (empat) homestay family, 2 (dua) homestay couple, dan 4 (empat) room single. Selain itu, juga tersedia resto, meeting room dan weeding room.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x