Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan, Ancam Ketahanan Pangan

- 31 Maret 2022, 00:58 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut fenomena perubahan iklim saat ini di seluruh penjuru dunia semakin mengkhawatirkan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/ELG21)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut fenomena perubahan iklim saat ini di seluruh penjuru dunia semakin mengkhawatirkan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/ELG21) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut fenomena perubahan iklim yang tengah berlangsung saat ini di seluruh penjuru dunia semakin mengkhawatirkan. Menurutnya, kondisi itu sangat tidak menguntungkan Indonesia sebagai negara agraris dan kepulauan.

"Frekuensi, intensitas dan durasi bencana geohidrometeorologi akan makin meningkat. Daya adaptabilitas tanaman dan produktivitas tanaman semakin menurun dan ini mengancam ketahanan pangan di negara kita," kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Puncak Peringatan HMD Ke 72: Expose Nasional Monitoring & Adaptasi Perubahan Iklim 2022, Rabu, 30 Maret 2022.

Diungkapkan, Indonesia adalah satu dari banyak negara terdampak perubahan iklim.

Baca Juga: Soal Presiden 3 Periode, Begini Jawaban Jokowi

Adapun sejumlah dampak dihadapi negara lain, di antaranya terjadinya peningkatan suhu udara, suhu muka air laut semakin menghangat, dan terjadi laju kenaikan muka air laut yang membahayakan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Karenanya, Jokowi pun menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan.

Pertama, perhatikan dengan serius informasi cuaca dan perubahan iklim yang diberikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan instansi terkait lainnya.

Formulasikan kebijakan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dengan cepat serta siapkan penanganan lebih baik untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim.

Baca Juga: Morbius Tayang Hari Ini: Berikut Sinopsis, Pemeran, Plot, dan Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x