Launching Solo Smart City, Kapolri : Pelayanan pada Masyarakat Jangan Berbelit-Belit

- 18 Februari 2022, 21:44 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching Solo Smart City di Mapolresta Surakarta, Jumat (18/1/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching Solo Smart City di Mapolresta Surakarta, Jumat (18/1/2022). /Humas Polda Jateng/


KARANGANYARNEWS-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching Solo Smart City di Polresta Surakarta, Jumat (18/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Kapolri menjelaskan, konsep smart city merupakan perpaduan antara pihak kepolisian dengan seluruh stakeholder di Pemerintah Kota.

Menurut dia, ke depan Polri dan Pemkot akan berkolaborasi untuk memberikan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

"Untuk kemudian bersama-sama bisa memberikan pelayanan yang bersifat Command Center, Emergency Command Center terhadap peristiwa yang terjadi dan kemudian membutuhkan pelayanan cepat," kata mantan Kapolda Banten itu.

Dengan sistem integrasi ini, kata Sigit, nantinya akan saling mengisi untuk segera memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan cepat. Contoh, apabila terjadi aksi kriminalitas, kebakaran, dan kecelakaan.

"Dimana masing-masing fungsi dengan satu sistem pelayanan yang ada ini kemudian terkoneksi dengan cepat," kata mantan Kabareskrim Polri tersebut.

"Anggota-anggota yang di lapangan melakukan langkah mulai dari mencari, mengamankan, menangkap pelaku dan secara cepat melakukan pemadaman. Ini bisa kita laksanakan dengan baik dan itu semua karena adanya kolaborasi dan integrasi yang kita laksanakan," ucap Sigit.

Sigit berharap, ke depan, Solo Smart City terus ditingkatkan untuk menjadi semakin lebih baik. Serta dilakukan evaluasi dengan melakukan perbandingan konsep smart city yang ada di dunia.

"Kita harapkan, Solo Smart city ini bisa menjadi role model yang kemudian kita replikasi, untuk kita kembangkan di kota lain," jelas Sigit.

"Bukan hanya tingkat kabupaten, namun juga kita kembangkan di tingkat provinsi. Nanti kedepan kita bisa kembangkan di tingkat nasional atau tingkat lebih besar. Itu tentu menjadi harapan kita. Kita mulai dari Solo Smart City," papar dia.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x