Indonesia Resmi Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

- 15 September 2021, 23:06 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar. (Foto: Humas Setkab/Agung)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar. (Foto: Humas Setkab/Agung) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu, 15 September 2021 pagi.

“Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar,” ungkap presiden dalam sambutannya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Jokowi menegaskan, pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri serta mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas menjadi berbasis industrialisasi.

Baca Juga: Suroto, Peternak yang Bentangkan Poster Jokowi Dipanggil ke Istana

“Menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,” imbuhnya.

Pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik ini merupakan kolaborasi antara perusahaan Indonesia dengan perusahaan Korea Selatan.

Presiden mengharapkan kerja sama itu bisa semakin diperkuat, termasuk realisasi kerja sama investasi dalam industri baterai dan kendaraan listrik.

“Saya berpesan agar kolaborasi yang terbangun bukan hanya di antara perusahaan-perusahaan besar atau BUMN-BUMN kita, tetapi juga melibatkan usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah,” tandasnya.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi iPhone 13 Series yang Resmi Diluncurkan Apple

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x