Aset Koperasi Unisri hampir Rp 20 Miliar

- 7 Desember 2021, 03:57 WIB
Rapat anggota tahunan Koperasi Unisri di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (5/12/2021)
Rapat anggota tahunan Koperasi Unisri di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (5/12/2021) /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS--Ketua Koperasi Unisri Surakarta, Widodo melaporkan, hingga saat ini kekayaan aset Koperasi Unisri hampir mencapai Rp 20 miliar.

Laporan itu disampaikan dalam rapat anggota perencanaan (RAP) yang digelar di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (5/12/2021).

"Kami mengajak para pengurus dan anggota Koperasi untuk menyusun rancangan kerja yang baik dan bermanfaat untuk satu tahun mendatang," kata Widodo.

Rektor Universitas Slamet Riyadi Surakarta Prof Dr Sutardi mengatakan, salah satu tujuan dibentuknya Koperasi di sebuah lembaga, termasuk di Unisri, adalah untuk mensejehterakan anggota, mensejahterakan orang orang yang ada didalamnya, termasuk keluarganya.

"Koperasi perlu melakukan jemput bola untuk menambah keanggotaan, karena banyak orang-orang di Unisri tidak tahu menahu tentang keberadaan," kata rektor.

Dalam kesempetan itu, rektor juga mendorong universitas maupun Yayasan Pendidikan Tinggi Slamet Riyadi mengaplikasikan apa yang disebut kampus entrepreneur. Sutardi juga kepingin, di kampus ada Unisri Mart yang bisa melayani berbagai kebutuhan secara langsung maupun offline.

Dia melihat potensinya sangat besar. Di Unisri ini setidaknya ada 5.000 mahasiswa, 150 tenaga pendidik, dan banyak tenaga non kependidikan yang semuanya bisa dilayani. "Saya melihat toko Mas Joko di pojok sana begitu begitu saja, sejak saya masuk ke Unisri. Karena itu harus ada gebrakan, kita harus berani mengubah dari sekarang," tandasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Sularno, mengamini apa yang dikatakan Rektor Unisri Prof Sutardi. Mengutip pesan Kemenkop UKM Teten Masduki, Sularno mengatakan, Koperasi akan dibranding sebagai entitas bisnis dengan model kontributif dan kompetitif.

Untuk mewujudkan itu, perlu beberapa strategi. Seperti, pengembangan model bisnis koperasi melalui korporasi, pengembangan factory sharing dengan model kemitraan agar terhubung dengan rantai pasok, serta pengembangan kelembagaan.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah