5.129 Unit Rumah Subsidi Menunggu Penyaluran Dana FLPP, Banyak Banget !!!

- 7 Maret 2022, 21:05 WIB
Rumah subsidi di Polokarto Sukoharjo yang menunggu penyaluran dana FLPP.
Rumah subsidi di Polokarto Sukoharjo yang menunggu penyaluran dana FLPP. /Langgeng Widodo. /

KARANGANYARNEWS-Penyaluran dana FLPP dinilai semakin baik. Setidaknya itu terlihat dari database BP Tapera, yang mencapai 20.327 unit rumah subsidi senilai Rp 2,24 triliun, hingga akhir Februari tahun ini.

Penyaluran melalui 18 bank, 3.306 pengembang dan 4.361 perumahan di Indonesia. "Selain itu masih terdapat daftar tunggu yang masih belum dibayarkan sebanyak 5.129 unit senilai Rp 572,43 miliar," kata Komisioner BP Tapera, Adi Setianto dalam siaran pers.

Sementara itu pencapaian penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada Februari 2022 memperlihatkan peningkatan signifikan dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

Tahun 2021 penyaluran dana FLPP yang juga dimulai Februari sebanyak 650 unit senilai Rp 69, 79 miliar. Sedang Februari 2022, yang ditutup pada (25/2), penyalurannya sebanyak 13.345 unit senilai Rp 1,47 triliun.

Sehingga penyaluran dana FLPP pada Februari tahun ini dibanding tahun sebelumnya terjadi peningkatan 20,5 kali lipat. Ini memperlihatkan optimisme yang tinggi dari pelaku pembangunan perumahan.

"Optimisme ini diharapkan terus berlanjut hingga target penyaluran dana FLPP tahun 2022 bisa tercapai," harap Adi Setianto.

Rencananya, minggu ke-2 Maret ini, BP Tapera selaku Operator Investasi Pemerintah (OIP) akan melakukan penandatangan perjanjian kontrak kinerja dengan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Kontrak kinerja menyangkut masalah layanan prima, akuntabilitas pengelolaan dana FLPP serta pengelolaan kinerja keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel.

Adi Setianto menyadari, pemerintah telah berupaya sepenuhnya untuk terus membuat pasar perumahan di Indonesia terus berkembang dengan baik.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah