HOREEE! 4 Bansos Cair Desember 2023, Siapa Saja yang Berkesempatan Mendapatkannya?

- 28 November 2023, 18:35 WIB
Bansos Cair Desember 2023 PKH BLT El Nino BPNT dan Dana Desa
Bansos Cair Desember 2023 PKH BLT El Nino BPNT dan Dana Desa /Antara/Fikri Yusuf Sumber Artikel berjudul "BLT El Nino Sudah Bisa Diambil, Ini Cara Cek Penerima B

KARANGANYARNEWS4 Bansos Cair Sampai Desember 2023, Siapa Saja yang Berkesempatan Mendapatkannya?. Sejak pandemi Covid-19 melanda, bansos semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Berita baiknya, ada empat jenis bansos Desember 2023 yang bisa dicairkan.

Bansos ini bertujuan untuk membantu masyarakat pedesaan yang terdampak pandemi Covid-19 dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Besaran bantuan yang diberikan mencapai Rp1,2 juta per keluarga penerima manfaat.

Namun demikian, untuk mendapatkan bansos tersebut, terdapat kriteria yang harus dipenuhi oleh penerima bansos pemerintah. Seperti terdaftar KIS, PKH, KPM dan lain-lain, pada dasarnya penyaluran bansos hanya diperuntukan masyarakat yang kurang mampu.

Meskipun demikian, tidak jarang juga ada masyarakat yang tidak mampu tapi tidak mendapatkan bansos dari pemerintah. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum mendapatkan bansos dan memenuhi kriteria sebagai penerima bansos, segera daftarkan diri Anda ke DTKS Kemensos untuk mendapatkan akses ke empat jenis bansos tersebut.

Bansos bukanlah solusi jangka panjang untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Oleh karena itu, selain memberikan bansos, pemerintah juga harus memperkuat ekonomi kerakyatan dan memberikan pelatihan-pelatihan agar masyarakat dapat mandiri secara ekonomi.

Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2023 Cair Rp 400 ribu untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur

Bansos Cair Sampai 

Sebagai masyarakat, kita juga harus berperan aktif dalam membangun ekonomi kerakyatan dengan membeli produk-produk lokal dan mendukung UMKM di sekitar kita.

1. PKH

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) guna membantu masyarakat yang kurang mampu. Salah satu program yang dicanangkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos PKH ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Mupus Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x