Lakukan Kiat Ini Untuk Sembuh dari Anosmia Covid-19

- 31 Juli 2021, 20:18 WIB
 Ilustrasi anosmia atau hilangnya indra penciuman.
Ilustrasi anosmia atau hilangnya indra penciuman. /pexels/Gisela Rahmalokita

KARANGANYARNEWS, Salah satu gejala terkena Covid-19 adalah kehilangan kemampuan untuk mencium aroma baik itu makanan atau bau lain, yang juga dikenal dengan anosmia.

Anosmia bisa berlangsung beberapa hari, berbulan-bulan hingga tahun setelah sembuh dari virus SARS-CoV-2.

Lalu bagaimana anosmia dapat sembuh?

Psikolog klinis dari Universitas Dayton, Ohio, Julie Walsh-Messinger menyarankan pasien untuk lakukan latihan indera penciuman. Pasien diminta untuk mencium bau yang sama berulang-ulang hingga dapat melatih kembali kemampuan tubuh untuk mengidentifikasi dan mendeteksi bau tersebut.

"Kita optimistis indera penciuman akan kembali pada sebagian orang yang kehilangan indera penciumannya selama beberapa bulan," katanya.

Dilansir oleh Medical Daily, virus SARS-CoV-2 mempengaruhi sistem saraf dan koneksi saraf yang diperlukan untuk mendeteksi bau dan menafsirkannya.

Beberapa orang kembali pulih dari anosmia dalam beberapa hari atau minggu, tapi ada sebagian orang yang membutuhkan waktu lebih lama.

Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup. Makanan tidak terasa enak lagi, sebab penilaiam rasa merupakan gabungan dari penciuman, perasa bahkan indera peraba.

Karena anosmia, bisa kehilangan nafsu makan. Cobalah menyantap makanan kesukaan dan rasakan sensasi berbeda saat Anda sehat.

Editor: Zening Demaringtyas

Sumber: Medical Daily


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x