5 Proses Pemerahan hingga Penjualan Susu Sapi yang Wajib Kamu Tahu

- 2 Mei 2024, 14:58 WIB
5 proses pemerahan hingga penjualan susu sapi yang wajib kamu tahu. Ada beberapa langkah dalam pemerahan susu sapi hingga dipasarkan. (Foto: Dok. Istimewa/Aznan Habibi)
5 proses pemerahan hingga penjualan susu sapi yang wajib kamu tahu. Ada beberapa langkah dalam pemerahan susu sapi hingga dipasarkan. (Foto: Dok. Istimewa/Aznan Habibi) /
 
KARANGANYARNEWS - 5 Proses Pemerahan hingga Penjualan Susu Sapi yang Wajib Kamu Tahu. Musuk merupakan salah satu sentra penghasil susu sapi terbesar di Kabupaten Boyolali selain Ampel, Cepogo, Selo, dan Mojosongo. 
 
Ya, Boyolali selama ini memang dikenal sebagai daerah penghasil susu dan menjadi salah satu kabupaten penyetor susu sapi terbesar di Indonesia. 
 
Biasanya peternak sapi di wilayah Musuk memiliki minimal lima ekor sapi perah, namun ada pula yang mencapai 40 ekor. 
 
Kendang kecil biasanya cukup menggunakan satu atau dua pemerah saja, sedangkan untuk kendang besar bisa mengerahkan lima hingga sepuluh pemerah susu. 
 
 
Ada beberapa langkah dalam pemerahan susu sapi hingga dipasarkan. Berikut tahapannya. 
 
1. Feeding
 
Pemerah susu memberi pakan, vitamin, dan konsentrat berkualitas sehingga memberikan energi dan protein tinggi kepada semua sapi perah.
 
Pakan diberikan berupa ampas tahu, rumput kolonjono, dan vitamin/nutrisi untuk sekali makan.
 
 
2. Milking
 
Milking adalah aktivitas memerah susu yang siap perah. Sebelum langsung memerah biasanya diolesi minyak dulu pada puting sapi agar lebih mudah dalam memerah susu dan tidak menyakiti sapinya.
 
3. Checking 
 
Checking merupakan proses cek susu dilakukan Koperasi Unit Desa (KUD).
 
 
4. Lab testing
 
Setelah pengambilan sampel susu, petugas KUD melakukan uji lab untuk melihat kualitas lemak dan protein di setiap susu sapi yang dikirim.
 
5. Product selling
 
Setelah melewati banyak proses susu siap dipasarkan kepada konsumen. Saat ini harga susu sapi di KUD masih tergolong murah, yakni Rp6200/liter. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah