Rukun, Pangeran William dan Harry Resmikan Patung Putri Diana

- 2 Juli 2021, 16:55 WIB
Pangeran William dan Pangeran Harry menghadiri peresmian patung yang mereka buat untuk ibu mereka, Putri Diana, di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Kamis (1/7/2021). Patung diresmikan tepat di hari kelahiran Putri Diana.
Pangeran William dan Pangeran Harry menghadiri peresmian patung yang mereka buat untuk ibu mereka, Putri Diana, di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Kamis (1/7/2021). Patung diresmikan tepat di hari kelahiran Putri Diana. /Dominic Lipinski via REUTERS

KARANGANYARNEWS.COM-Kerajaan Inggris meresmikan patung mendiang Putri Diana di Taman Sunken, Kensington Palace, Kamis (1/7/2021). Peresmian dilakukan oleh kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Peresmian patung tersebut bertepatam dengan ulang tahun ke-60 dari Putri Diana. Pangeran William dan Harry berharap orang semakin banyak yang mengunjungi Istana Kensington untuk mengenang kehidupan dan warisan sang ibu.

Taman Sunken di Istana Kensington, London, ini merupakan salah satu tempat kesukaan mendiang Putri Dian semasa hidup. Pada 2017, taman tersebut diubah menjadi tempat peringatan 20 tahun kematiannya.

Berbagai bunga favoritnya ditanam di taman itu. Setidaknya terdapat 200 bunga mawar, 100 bunga favorit Putri Diana, forget-me-nots, dan 300 bunga tulip dengan tiga varian warna. Selain itu ada juga 500 bunga lavender, 50 tanaman sweet peas, dan 100 bunga dahlia.

Selain Taman Sunken, ada beberapa monumen di London yang dibuat untuk menghormati mendiang Putri Diana. Beberapa di antaranya adalah Diana Memorial Playground di Istana Kensington, Diana Memorial Fountain di Hyde Park, dan Diana Memorial Walk di St James Palace.  Di Istana Kensington juga terdapat White Garden, sebuah taman untuk menandai peringatan 20 tahun kematiannya.

Patung Putri Diana merupakan karya monumental Rank-Broadley, seniman top di Inggris. Ia juga mengukir gambar Ratu Elizabeth di semua koin Inggris sejak 1988. Patung itu memperlihatkan Putri Diana dalam balutan gaun kasual yang terinspirasi oleh foto manis bersama kedua putranya.

Di bagian bawah patung terdapat ukiran nama Diana 'Diana the Princess of Wales' berikut tanggal peresmian. Ada juga batu yang diukur kutipan dari puisi The Measure of A Man: These are the units to measure the worth of this woman as a woman regardless of birth. Not 'What was her station?' but 'Had she a heart? How did she play her God-given part?"

Hubungan Pangeran William dan Harry sempat menegang pasca mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, dari anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Namun, keduanya mengesampingkan kerengganan demi patung ibunya.

Putri Diana meninggal pada usia 36 tahun dalam kecelakaan mobil tahun 1997 di Paris. (*)

Halaman:

Editor: Ganug Nugroho Adi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah