Indonesia dan AS Perkuat Kerja Sama Atasi Pandemi dan Stabilitas Kawasan

- 4 Agustus 2021, 07:05 WIB
Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) memperkuat kerja sama bilateral guna mengtasi pandemi Covid-19 dan Stabilitas kawasan (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)
Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) memperkuat kerja sama bilateral guna mengtasi pandemi Covid-19 dan Stabilitas kawasan (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist) /

KARANGANYARNEWS – Menlu RI Retno LP Marsudi bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA), Jake Sullivan di Gedung Putih, Senin, 2 Agustus 2021. Keduanya membahas berbagai isu bilateral guna memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS.

“Kehadiran saya di Washington DC adalah bukti nyata komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral RI-AS,” sebut Retno, dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, kemlu.go.id.

Menlu Retno dan NSA Sullivan membahas kerja sama untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Pada pertemuan itu, NSA Sullivan menyampaikan komitmen tambahan dukungan kerja sama AS sebesar US$30 juta berupa pasokan peralatan oksigen, alat kesehatan, dan obat-obatan.

Dengan tambahan ini, total dukungan kerja sama AS sejak awal pandemi sebesar US$65 juta.

Selain dukungan ini, AS telah memberikan dukungan kerja sama dose-sharing vaksin Moderna melalui Covax Facility berjumlah 8,000,160 dosis.

Sebagaimana diketahui, tambahan vaksin Moderna sebanyak 3.5 juta telah tiba di Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021.

Untuk itu, Menlu Retno menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada AS atas dukungannya ​kepada Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Selain itu, Menlu RI juga membahas kerja sama jangka panjang Indonesia-AS di bidang kesehatan agar kapasitas nasional, regional dan global lebih baik dalam menghadapi pandemi mendatang.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x