Arti Makna Semangka sebagai Simbol Perjuangan Palestina Apa?

- 3 November 2023, 07:24 WIB
Arti Makna Semangka sebagai Simbol Perjuangan Palestina Apa?
Arti Makna Semangka sebagai Simbol Perjuangan Palestina Apa? /Tangkapan Layar/Instagram @masjidjogokariyan

KARANGANYARNEWSApa Makna Semangka sebagai Simbol Perjuangan Palestina? Semangka bukan sekadar buah segar, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi rakyat Palestina. Apa makna semangka sebagai simbol perjuangan Palestina?

Anda mungkin sering melihat emoji semangka di media sosial sebagai bentuk dukungan untuk Palestina. Namun, tahukah Anda apa makna semangka sebagai simbol perjuangan Palestina?

Dikutip KaranganyarNews.com dari media Time, semangka memiliki sejarah panjang dan kaitan erat dengan identitas nasional, budaya, dan perlawanan rakyat Palestina.

Semangka, Buah yang Sama dengan Bendera Palestina

Semangka pertama kali muncul sebagai simbol perjuangan Palestina setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967.

Saat itu, Israel menguasai Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur. Israel juga melarang pengibaran bendera Palestina di wilayah-wilayah tersebut.

Untuk menghindari larangan itu, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai ganti bendera.

Pasalnya, semangka memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hitam, putih, dan hijau.

Pemerintah Israel bahkan menutup sebuah pameran seni di Ramallah pada tahun 1980 karena menampilkan karya-karya yang menggunakan warna-warna bendera Palestina.

Salah satu seniman Palestina, Issam Badrl, mengatakan bahwa petugas Israel marah ketika melihat lukisan bunga dan semangka berwarna merah, hitam, putih, dan hijau. “Bahkan jika Anda melukis semangka, itu akan disita,” kata petugas Israel kepada Badrl.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x