Siswa SMK Penda 2 Ciptakan Mesin Pengambil Sampah Otomatis Hemat Energi

- 12 Agustus 2021, 21:03 WIB
Bupati Juliyatmono melihat mesin pengambil sampah otomatis karya siswa SMK Penda 2 yang dipamerkan dalam kreanova, Kamis (12/8/2021).
Bupati Juliyatmono melihat mesin pengambil sampah otomatis karya siswa SMK Penda 2 yang dipamerkan dalam kreanova, Kamis (12/8/2021). /Dokumentasi/Humas Pemkab Karanganyar

KARANGANYARNEWS-Mesin pengambil sampah otomatis hemat energi mengantar Arif Hermawan dan Muhammad Panggih Qomarudin dari SMK Penda 2 Karanganyar keluar sebagai juara pertama dalam lomba kreativitas dan inovasi (kreanova) 2021 kategori pelajar yang digelar Pemkab Karanganyar.

Sementara untuk kategori masyarakat dimenangkan oleh Sunarno Agus Setyawan dan Sujarmoko, warga Jumapolo dengan karya rekayasa mesin pencacah pakanultifungsi sebagai terobosan untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak dan pupuk organik padat murah dan berkualitas.

Kepala Baperlitbang Karanganyar Dwi Cahyono mengatakan, dalam lomba Kreanova tahun ini terdapat 37 karya peserta yang lolos seleksi, kategori pelajar dan masyarakat. Pihaknya mengapresiasi warga Karanganyar yang mengalami peningkatan dalam sisi inovasi dan kreativitas.

“Di masa pandemi ini ternyata pelajar dan masyarakat masih bersemangat menampilkan hasil inovasi maupun kreativitas yang bermanfaat bagi umum. Tentunya temuan ini dapat menjadi aset bagi Karanganyar dan berpotensi dikembangkan," kata Dwi.

Dalam sambutannya, Bupati Juliyatmomo menyampaikan, lomba kreanova merupakan wadah bagi masyarakat untuk menampilkan karya dan inovasi terbaik. Pemkab siap memberi pendampingan jika karya karya terbaik dapat diproduksi secara massal dan memberi dampak signifikan di masyarakat.

“Ini inovasi-inovasi keren. Semoga Baperlitbang dapat membantu dalam memperbanyak produk hasil kreasi yang terbaik," kata bupati.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x