Jadi Duta Lingkungan Nasional, Silvia : Harus Fokus

- 19 November 2021, 18:26 WIB
Alfian Silvia Krisnasari menerima penghargaan sebagai juara pertama nasional Duta Pepelingasih.
Alfian Silvia Krisnasari menerima penghargaan sebagai juara pertama nasional Duta Pepelingasih. /Humas Pemkab Karanganyar/

KARANGANYARNEWS-Kehadiran Silvia mencuri perhatian tamu yang datang dalam malam tirakatan hari jadi ke 104 Kabupaten Karanganyar Rabu (17/11/2021) di rumah dinas bupati.

Maklum saja, selain cantik, pemilik nama lengkap Alfian Silvia Krisnasari, juga berprestasi. Alumni Kedokteran Dasar dan Medis Univrrsitas Gajah Mada Yogyakarta itu baru saja dinobatkan sebagai juara pertama nasional Duta Pepelingasih.

Yakni, Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Bahasa pendeknya menjadi duta lingkungan yang bertugas mengajak pemuda untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan berkelanjutan.

Sebagai penghargaan, dalam malam tirakatan itu, warga Manggis RT 01 RW 12 Lalung, Kecamatan Karanganyar Kotatersebut juga mendapatkan penghargaan dari Pemkab Karanganyar.

Lantas, kenapa duta tersebut dari Kemenpora? "Karena yang menjadi fokus utama adalah pemuda. Pemuda yang mengajak generasi muda lainnya untuk peduli lingkungan. Lingkungan yang bersih, asri dan berkelanjutan,” kata Silvia.

Dikatakan, proses penilaian Duta Pepelingasih berlangsung lebih dari 8 bulan. Yakni, 4 bulan di Karanganyar, di Propinsi Jawa Tengah selama 2,5 bulan dan 2 bulan di pusat.

Tahap pertama, yang dinilai adalah administrasi, CV profil dan tahapan wawancara dan masa aksi. Masa aksi ini para duta di training dan digodok apa program yang dilakukan dan apa rencana kegiatan yang akan dilakukan.

Di tingkat Nasional juga melakukan aksi sebanyak 25 lebih unggul dari 140 peserta dari seluruh Indonesia. Contoh aksi membersihkan sungai, seminar dan memberikan edukasi tentang lingkungan.

"Dukungan dari Pemkab Karanganyar sangat luar biasa sehingga saya bisa meraih juara 1 tingkat nasional" kata alumni SMA 1 Karanganyar itu.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x