250 Bus Mudik Lebaran Rosalia Indah Dipasang GPS, Ini Tujuannya

- 21 April 2022, 18:15 WIB
Petugas tengah melakukan pengecekan bus Rosalia Indah di garasi Palur, Karanganyar, Kamis (21/4/2022).
Petugas tengah melakukan pengecekan bus Rosalia Indah di garasi Palur, Karanganyar, Kamis (21/4/2022). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Sebanyak 250 bus Rosalia Indah untuk kebutuhan mudik Lebaran 2022 dipasangi Global Position System (GPS), sebuah sistem navigasi yang menggunakan satelit.

Tujuannya, kata Direktur Representatif PT Rosalia Indah Transport, Eko Sumarso, untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi para penumpang serta memantau apa yang dilakukan pengemudi.

Dikatakan, sekarang ini sudah diberlakukan tilang elektronik di jalan tol. Kendaraan dengan kecepatan lebih dari 120 kilometer per jam bakal ditilang. Nah, dengan GPS dan peralatan lainnya yang dipasang, bisa diketahui berapa kecepatan bus.

Sehingga kalau kecepatan bus melebihi 120 km/jam, alat itu akan berbunyi dan pengemudi bisa mengurangi kecepatan. Selain itu GPS tersebut juga untuk mengetahui, ke mana arah bus itu.

Selain memasang GPS, manajemen Rosalia Indah juga menyediakan posko mudik berikut teknisi yang terlatih dan spare partnya di sejumlah titik. Hal itu untuk mengantisipasi kalau ada gangguan di perjalanan.

Semua crew bus, mulai pengemudi hingga pramugari dari berbagai daerah, lanjut dia, sudah di kumpulkan serta diwanti-wanti untuk tetap bersemangat dan berhati-hati menyambut mudik Lebaran tahun ini.

“Kami juga sudah menerapkan sistem manajemen keselamatan tranpsortasi. Jauh sebelumnya 3 bulan lalu semua armada sudah di-ramp check dan mulai 15 April 2022 ini sudah beroperasi semua,” kata dia di sela ramp check garasi di garasi bus itu, Kamis(21/4/2022).

Lebih lanjut Eko mengatakan, sebanyak 250 bus Rosalia Indah yang disiapkan untuk kebutuhan trannspotasi mudik Lebaran sudah terbagi tiap pul dari Jember, Malang, Ponorogo, Madiun, Purwokerto, Palur, dan seterusnya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah