Tausiah Hari Ini; Ingin Mengubah Dunia, Segeralah Memulai dari Diri Sendiri

- 10 Juni 2022, 23:23 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

PAKAR Tafsir Alquran Prof Muhammad Quraish Shihab, menekankan  penerapan akhlak dan cita-cita ke arah lebih baik harus diawali dari diri sendiri.

Terkait hal di atas, Prof Muhammad Quraish Shihab mengilustrasikannya dengan untaian kisah tauladan dan sangat inspiratif sebagai berikut;

Diceritakan, ada seorang yang bercita-cita ingin mengubah dunia. Karena dirasakan akan memakan waktu lama, juga disebabkan perjalanan usianya dia pun memastikan sangat sulit dilakukan.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Catat, Inilah Jawabnya Kenapa Kita Harus Bekerja Keras

Dia pun kemudian menurunkan kadar cita-citanya, dari mengubah dunia menjadi ingin mengubah masyarakat di negerinya. Ini pun, juga dirasakan sulit bagi dirinya. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengubah ke arah lebih baik keluarganya.

Setelah kian bertambah tua usianya, dia pun berfikir; “Seandainya saya memulai sejak dulu dari diri saya sendiri, niscaya saya telah dapat mengubah yang lebih luas sedari dulu”.

Masih terkait hal ini, pesan Nabi Muhammad SAW; “Ibda' binafsik tsumma man ta'ulu”. Mulailah dari diri sendiri, kemudian orang di sekitarmu.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Ingat, Urip Iku Sak Madya Ae Guys

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x