Bersedekah Atas Nama Orang yang Telah Meninggal Dunia, Apakah Pahalanya Terdistribusikan?

- 6 Mei 2024, 19:05 WIB
Muslim wajib tahu, inilah jawabnya, bagaimana syariat bersedekah atas nama orang yang telah meninggal dunia?
Muslim wajib tahu, inilah jawabnya, bagaimana syariat bersedekah atas nama orang yang telah meninggal dunia? /Ilustrasi/ Unspalsh Madrosah Sunnah/

KARANGANYARNEWS - Dalam syariat atau tuntunan Islam, bersedekah tidak hanya sebagai amal kebaikan, tetapi juga sebagai investasi untuk memperoleh keberkahan dari Allah di akhirat kelak. Bagaimana syariat bersedekah atas nama orang yang telah meninggal dunia, apakah pahalanya terdistribusikan?

Bersedekah kepada orang yang membutuhkan uluran tangan, selain sebagai amalan kebajikan juga merupakan merupakan nilai luhur, sebagaimana tercermin dalam syariat atau ajaran Islam.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat An Nisa ayat 36, Allah memerintahkan umat-Nya untuk menyembah-Nya tanpa mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun.

 Baca Juga: Kristen Muhammadiyah: Varian Baru, Terlahir dari Gerakan Kosmopolis

Selain itu, ayat tersebut juga menegaskan pentingnya berbuat baik kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, dan orang miskin.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sahl, Rasulullah Saw lebih menguatkan ajaran tersebut dengan sabdanya, “Aku akan bersama orang-orang yang mengurusi anak yatim dalam surga.”

 

Tidak Dapat Diatribusikan

Beliau memberikan isyarat visual dengan mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah, memberikan gambaran betapa pentingnya peran sosial dalam membantu anak yatim.

 Baca Juga: Lahirkan Pendiri Muhammadiyah dan NU, KH Sholeh Darat Diusulkan Pahlawan Nasional

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah