Gubernur Jateng: Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Destinasi Wisata Energi Bumi

- 18 Agustus 2021, 23:03 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau proyek geothermal di sekitar kawasan Kawah Sikidang Dieng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau proyek geothermal di sekitar kawasan Kawah Sikidang Dieng /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Selain untuk suplai energi masyarakat industri, proyek geothermal di sekitar kawasan Kawah Sikidang Dieng bisa juga dijadikan wisata energi panas bumi.

Demikian harapan Gubernur Jawa Tengah, selain itu Ganjar Pranowo,  mendorong pengembangan proyek geothermal di kawasan Dieng untuk mewujudkan kemandirian energi.

"Administrasinya ini sebenarnya Wonosobo, sebelah sana itu Banjarnegara. Ini Plant baru dengan kapasitas 12 MW, tidak terlalu besar tapi yang menarik ini sudah mulai aktif dan sudah bisa suplai listrik," kata dia.

Baca Juga: Resmikan Separator Biogenic Shallow Gas, Ganjar : 'Jos Gandhos'

Dalam meninjau proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng, Rabu 18 Agustus 2021Ganjar menjelaskan, energi panas bumi di Jawa Tengah cukup banyak. Geothermal Dieng merupakan salah satu yang pertama dari PT Geo Dipa Energi.

"Sebenarnya pengembangan di wilayah Gunung Slamet dan Gunung Lawu itu juga ada potensi besar. Kalau kita bicara energi alternatif dan energi yang bisa terbarukan maka ini energi yang bagus," katanya.

Pengembangan proyek geothermal tersebut, lanjut Ganjar, bisa lebih dirapikan lagi, khususnya penggunaan teknologi yang lebih efisien sehingga memiliki manfaat yang bagus.

Baca Juga: Bangkitkan Spirit Bertani Kaum Melineal, Puluhan Pemuda Melumpur di Sawah

Proyek geothermal di kawasan Dieng sendiri terus dikembangkan. Dalam waktu dekat PT Geo Dipa Energi akan menambah 12 sumur gas di daerah Karang Tengah, Banjarnegara.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x