Terkait Pembukaan Destinasi Wisata, Ganjar: Aturannya Masih Dibahas

- 25 Agustus 2021, 15:52 WIB
Gebernur Jateng Ganjar Pranowo, mengintruksikan kepada Bupati/ Walikota melaporkan ke Pemprov jika melaksanakan uji coba pembukaan destinasi wisata
Gebernur Jateng Ganjar Pranowo, mengintruksikan kepada Bupati/ Walikota melaporkan ke Pemprov jika melaksanakan uji coba pembukaan destinasi wisata /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan, aturan pembukaan destinasi wisata di wilayahnya masih dibahas. Menurutnya, detail aturannya segera dirapatkan di Dieng.

"Pariwisata baru uji coba, segera diadakan rapat seluruh Kepala Dinas Pariwisata (se Provinsi Jawa Tengah) di Dieng. Kemarin sudah izin saya, rapatnya di tempat terbuka dan pesertanya harus diantigen,” kata Ganjar Selasa, 24 Agustus 2021.

Rapat koordinasi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota se Jateng tadi,  menurutnya membahas dan mensepakati  tata cara dan aturan membuka destinasi wisata.

Baca Juga: Pembangunan Kawasan Borobudur, Jangan Abaikan Tata Ruang Keajaiban Dunia

Termasuk diantaranya, fasilitas apa saja yang musti disediakan tampat wisata, dan SOP-nya. Dimaksud agar jikalau terjadi sesuatu terkait Covid-19, respons penanganannya dapat lebih cepat.

Ditemui di rumah dinasnya, Gubernunr Jateng juga menjelaskan, aturan uji coba dan pembukaan destinasi wisata di Jawa Tengah, masih dibahas Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah bersama institusi terkait Kabupaten/Kota.

Setiap tempat wisata yang akan melakukan uji coba, diminta melapor ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dimaksud agar dapat dilakukan assessment. Dijelaskan, pembukaan destinasi wisata harus secara bertahap, pihaknya juga meminta agar ada pembatasan sesuai aturan yang disepakati. 

Baca Juga: Tanpa Harus Bersentuhan fisik, inilah 2 Cara Test Keperawanan di Candi Sukuh

"Nah dengan cara ini saya harapkan semua kepala dinas pariwisata di kabupaten/kota menyiapkan. Saya inginnya ada uji coba secara terbatas, contohnya kemarin yang sudah terjadi di Kendal. Itu sudah dilakukan, tinggal kita lakukan evaluasi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x