3 Hari Dibuka, Umbul Ponggok Kian Dibanjiri Wisatawan

- 6 Oktober 2021, 00:24 WIB
Wisatawan membayar retribusi masuk destinasi wisata Umbul Ponggok
Wisatawan membayar retribusi masuk destinasi wisata Umbul Ponggok /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS – Kendati Umbul Ponggok sudah dibuka tiga hari, dan kian dibanjiri wisatawan, destinasi wisata unggulan Kabupaten Klaten ini masih tetap berstatus pra uji coba pembukaan.

Junaaidi Mulyono, Kepala Desa Ponggok yang juga penanggung jawab destinasi wisata Umbul Ponggok menjelaskan, protokok kesehatan (prokes) ketat bagi pengunjung maupun seluruh pengelola, tetap masih jadi perhatian serius.

“Uji coba terus dilakukan dan disesuaikan,  agar penerapan prokes berlangsung sesuai aturan pemerintah. Sampai saat ini, simulasi pembukaan Umbul Ponggok berjalan baik pengunjung mengikuti arahan pengelola,” ungkapnya.

Baca Juga: Sensasi Ketjeh Sambil Melahap Kuliner Ikan Air Tawar di Tengah Sungai

Dijelaskan, pengunjung masih dibatasi 25 persen dari total kapasitas, sekitar 100 orang dalam sekali kunjungan, dari kapasitas keseluruhan mencapai 400 orang. Pembatasan ini, menjadi perhatian pengelola agar tak terjadi kerumunan.

“Meskipun sudah dibuka, jumlah pengunjung masih diperketat. Setiap pengunjung harus discreening, mengisi form data diri,  dan kesehatan. Termasuk juga, menunjukkan bukti sudah divaksin Covid-19,” paparnya.

Diakuinya pembatasan pengunjung, menyebabkan terjadinya antrian pengunjung yang akan masuk ke area wisata. Namun demikian, sudah diantisipasi dengan menyiapkan tempat tunggu khusus.

Baca Juga: Jejak Kebo Kanigoro (2), Menghindar Intrik Politik Dinasti Memilih Jalan Hidup Sunyi

Terjadinya antrian, menurut dia dikarenakan adanya pengunjung yang datang berkelompok. Kalau perorangan, dapat masuk setelah ada pengunjung lain yang meninggalkan lokasi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x