Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Masyarakat Diimbau tidak Liburan di Akhir Tahun

- 13 November 2021, 06:47 WIB
Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Jumat (12/11/2021), yang digelar secara virtual.
Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Jumat (12/11/2021), yang digelar secara virtual. /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 gelombang ketiga, pemerintah tengah menyusun strategi mengantisipasi potensi lonjakan kasus menjelang libur akhir tahun.

Masyarakat diminta untuk mematuhi anjuran yang sering disampaikan pemerintah. Misal, bijak bermobilitas, disiplin protokol kesehatan, dan yang tidak kalah penting, melakukan vaksinasi.

Hal itu terungkap dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) - KPCPEN, Jumat (12/11/2021), yang digelar secara virtual.

Hadir dalam dialog itu, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi, Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Nelwan Harahap, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane, dan dokter Tirta Mandira Hudhi.

Menurut Sonny Harry Harmadi, Indonesia berhasil mempertahankan momentum angka penularan Covid-19 tetap rendah sejak 15 Oktober 2021 di bawah 1000 kasus per hari, keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) di bawah 4%.

"Sedang jumlah orang yang divaksin mencapai 208 juta orang, dimana 80 juta sudah mendapatkan dosis lengkap," kata Sony.

Dari segi kepatuhan, kata Sony, masih sangat tinggi dengan skor 8,12 untuk pemakaian masker dari skala 1-10. Kepatuhan jaga jarak masih baik. Hanya saja ada 11% kabupaten/kota dengan skor pakai masker kurang dari 60%.

"Perlu menjadi perhatian kita untuk mendorong disiplin protokol kesehatan karena masih ada potensi gelombang ketiga, apalagi dengan adanya baru AY.4.2 meski belum masuk ke Indonesia,” ujar Sonny.

Pihaknya berharap, masyarakat tetap taat menjalankan prokes ketat. Harus dibarengi prokes dan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi yang banyak digunakan oleh institusi. "Kedisiplinan pakai aplikasi ini harus ditingkatkan,” ujar Sony.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x