Pilkada 2024: Astrid Widayani Resmi Daftar Calon Wali Kota Solo lewat PSI, Siap Lanjutkan Gibran

- 11 Mei 2024, 23:24 WIB
Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Astrid Widayani resmi maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2024. Ia mendaftar sebagai calon wali kota ke DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Jumat, 10 Mei 2024. (Foto: Dok. Istimewa)
Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Astrid Widayani resmi maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2024. Ia mendaftar sebagai calon wali kota ke DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Jumat, 10 Mei 2024. (Foto: Dok. Istimewa) /
 
KARANGANYARNEWS - Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Astrid Widayani resmi maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2024. Wanita dengan latar belakang pendidik dan pengusaha ini mendaftar sebagai calon wali kota (Cawali) ke DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Jumat, 10 Mei 2024.
 
Dalam kesempatan itu, Astrid Widayani mengambil formulir, sekaligus mendaftarkan diri serta melengkapi persyaratan menjadi bakal calon wali kota Solo. Sebelumnya, di hari yang sama ia juga resmi menyerahkan berkas pendaftaran di DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
 
"Setelah mengembalikan formulir ke Gerindra hari ini, saya langsung berinisiatif ke kantor DPD PSI Solo untuk mengambil dan langsung mengembalikan ke PSI," ucap Astrid Widayani.
 
 
Dia bilang, partai erat kaitannya dengan anak muda seperti PSI punya keselarasan visi dan misi serta semangat khas untuk berkontribusi pada masyarakat.
 
"Saya berencana melanjutkan apa yang sudah dibangun baik oleh mas wali, Mas Gibran Rakabuming Raka. Dengan semangat yang selama ini dijalankan oleh PSI, saya rasa satu semangat, satu irama dengan peran anak-anak muda membangun bangsa," kata rektor muda ini.
 
"Saya sudah berkomitmen, saya siap dan mantap untuk menjadi kandidat membangun Kota Solo menjadi lebih baik. Insyaa Allah bisa berjuang bersama-sama," tandas dia.
 
Astrid Widayani menyebut, peran anak muda di Kota Bengawan sudah terlihat nyata. Buktinya, wali kota saat ini, Gibran Rakabuming Raka punya prestasi moncer, bahkan terpilih sebagai wakil presiden Indonesia periode 2024-2029.
 
 
"Ini salah satu yang membuat saya mantap. Kalau PSI sudah jelas banyak anak muda terlibat dan semangatnya. Di Solo sudah terbukti pemimpin mudanya bisa menjadi wakil presiden. Ini membuka ruang untuk anak-anak muda ikut berperan membangun bangsa. Saya jika diberi kesempatan juga ikut ambil peran," ungkapnya.
 
Integritas dan komitmen kuat Astrid Widayani ini mendapat sambutan positif jajaran pengurus DPC PSI Solo. Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Antonius Yoga, mengatakan keseriusan Astrid Widayani patut diapresiasi dalam terjun di kontestasi pilkada 2024.
 
"Ini menjadi hari bersejarah untuk PSI karena kami kedatangan tokoh wanita muda yang punya kehendak baik untuk turut serta membangun kota. Ini merupakan will and commitment untuk meneruskan pembangunan yang sudah begitu luar biasa dilakukan Mas Gibran," ucap dia.
 
 
Astrid Widayani sebagai tokoh masyarakat Kota Solo mewakili kaum wanita dan anak muda, menurut Antonius Yoga dapat menjadi kandidat berkualitas dalam pilkada Solo 2024.
 
Ia merasa bangga lantaran Astrid Widayani menjadi satu-satunya yang langsung mendaftarkan diri secara resmi.
 
"Ini menjadi penilaian tersendiri, keseriusannya patut diapresiasi. Kami berterima kasih kepada Mbak Astrid Widayani," kata Antonius Yoga.
 
 
Sebagai partai yang dekat dengan keluarga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), PSI akan mengomunikasikan perkembangan desk pilkada, baik kepada Kaesang Pengarep selaku Ketua Umum PSI maupun Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo saat ini.
 
"Secara spesifik kami belum, secara partai kami terus berkomunikasi. Sebagai partai yang dekat dengan Mas Gibran, kami terus melaporkan perkembangan di partai kami. Perolehan kursi 2024 tahapan desk pilkada kami buka, termasuk sosok-sosok mana saja yang sudah kami komunikasikan, semuanya terinfo ke mas Gibran," tukas Antonius Yoga.
 
Selanjutnya akan ada sejumlah tahapan di internal PSI terkait penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo seperti laporan kepada DPP hingga melakukan survei. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah