Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI, Ini Profil dan Karier Militernya di Angkatan Darat

- 17 November 2021, 16:11 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: setkab.go.id/Agung/Humas)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: setkab.go.id/Agung/Humas) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Pelantikan Jenderal Andika Perkasa dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Keppres ini ditetapkan di Jakarta pada 17 November 2021.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua Meninggal Dunia

Usai pengucapan sumpah dilakukan prosesi penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna, Senin (08/11/2021), DPR RI telah menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Jenderal Andika menggantikan pendahulunya Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jenderal Andika Perkasa lahir pada 21 Desember 1964.

Pada November 2013, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini diangkat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah