Dibuka Beasiswa LPDP 2022, Daftar Yuk!

- 25 Februari 2022, 20:35 WIB
Pemerintah kembali membuka Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022. (Foto ilustrasi: Pixabay/Paseidon)
Pemerintah kembali membuka Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022. (Foto ilustrasi: Pixabay/Paseidon) /

KARANGANYARNEWS - Pemerintah kembali membuka Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan total dana abadi di bidang pendidikan dikelola pemerintah sejak 2010 mencapai Rp99,1 triliun.

“Saat ini, total dana abadi di bidang pendidikan, termasuk penelitian, perguruan tinggi, dan kebudayaan Rp99,1 triliun dan ini masih akan berkembang karena tahun 2022 nanti akan ada tambahan lagi melalui mekanisme APBN,” ujar Menkeu dalam Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 secara virtual Jumat, 25 Februari 2022, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Dana abadi pendidikan mencapai Rp99,1 triliun, termasuk di dalamnya dana abadi penelitian sebesar Rp8 triliun, dana abadi perguruan tinggi Rp7 triliun, serta dana abadi kebudayaan Rp3 triliun.

Baca Juga: Pembelaan Kemenag Soal Yaqut Disebut Bandingkan Suara Azan dengan Gonggongan Anjing

“Berbagai macam bentuk dana abadi adalah komitmen bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia ditentukan tidak hanya dari sisi pendidikan formal, dari sisi pendidikan juga tidak hanya belajar di kelas, penelitian menjadi penting, interaksi sosial sangat penting, dan juga bahkan dari sisi kebudayaan,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut pihaknya menceritakan, sejak 2007 pemerintah telah mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan.

Adapun pada 2022 ini, total anggaran pendidikan sebesar Rp542,8 triliun.

Alokasi untuk anggaran pendidikan bergantung pada besaran APBN setiap tahunnya.

Apabila APBN-nya naik, semakin meningkat pula anggaran pendidikan di tahun tersebut.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x