Bank Wakaf Mikro, tak hanya Fokus pada Nasabah Besar, tetapi juga Sediakan Akses bagi Masyarakat Kecil

- 11 April 2022, 13:25 WIB
BWM Babul Maghfirah Aceh
BWM Babul Maghfirah Aceh /

KARANGANYARNEWS-Otoritas Jasa Keuangan terus memperluas keberadaan Bank Wakaf Mikro (BWM) di berbagai daerah untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pembiayaan usaha mikro di sekitar lingkungan pesantren.

"BWM ini juga merupakan upaya OJK yang tidak hanya berfokus pada kredit kepada nasabah besar atau korporasi, tetapi juga menyasar penyediaan akses keuangan bagi masyarakat kecil," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam peresmian BWM Babul Maghfirah Aceh, Jumat.

Ya, sejak diluncurkan sekitar lima tahun lalu, sebanyak 62 BWM telah berdiri dan tersebar di 20 provinsi di seluruh Indonesia. Kehadirannya telah dirasakan manfaatnya oleh sekitar 55 ribu nasabah, dengan akumulasi penyaluran pembiayaan sekitar Rp 89 miliar.

Keberadaan BWM yang terus tumbuh dan berkembang diyakini akan dapat meningkatkan akses keuangan masyarakat. Sehingga akan mendorong kesejahteraan dan mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional.

Staf Ahli Gubernur Aceh Iskandar Syukri mengapresiasi OJK karena dengan kehadiran BWM pertama di Aceh tersebut. Kehadiran BMW telah memberi tambahan permodalan bagi masyarakat kecil, terutama yang belum bankable.

Menurut dia, BWM juga telah berperan dalam menambah pengetahuan masyarakat tentang keuangan syariah yang pada akhirnya bisa memberikan manfaat bagi perekonomian mereka.

"Selain memberikan bantuan berupa dana, BWM ini juga memberi pelatihan dan edukasi keuangan kepada masyarakat, sehingga dapat lebih meningkatkan pertumbuhan usaha lingkungan sekitar pesantren," kata Iskandar Syukri.

BWM Babul Maghfirah yang didirikan di Provinsi Aceh 2 Agustus 2019 itu telah menyalurkan Rp 739,7 juta pembiayaan kumulatif kepada 437 nasabah yang digunakan untuk berbagai kegiatan usaha produktif.

Pada kesempatan itu juga diserahkan pembiayaan melawan rentenir (K/PMR) PT LKMS Mahirah Muamalah Syariah dan pembiayaan KUR PT Bank Syariah Indonesia. Diharapkan, bantuan itu dapat membantu akselerasi kegiatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat kecil serta meningkatkan inklusi keuangan di Provinsi Aceh.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x