Hari Kartini 21 April: Sejarah, Pendidikan dan Perjuangan RA Kartini

- 20 April 2022, 23:36 WIB
Hari Kartini 21 April: Sejarah, Pendidikan dan Perjuangan RA Kartini. Masyarakat Indonesia begitu mengagumi sosok RA Kartini dan senantiasa berusaha mengenangnya melalui berbagai cara. (Foto ilustrasi: Freepik)
Hari Kartini 21 April: Sejarah, Pendidikan dan Perjuangan RA Kartini. Masyarakat Indonesia begitu mengagumi sosok RA Kartini dan senantiasa berusaha mengenangnya melalui berbagai cara. (Foto ilustrasi: Freepik) /

KARANGANYARNEWS – Hari Kartini 21 April: Sejarah, Pendidikan dan Perjuangan RA Kartini. Setiap 21 April, Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kartini. Pada momentum ini pula, seperti sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun di sekolah-sekolah maupun institusi milik pemerintah atau pun swasta selalu menggelar berbagai kegiatan bertema Kartini.

Ya, masyarakat Indonesia memang begitu mengagumi sosok Raden Ajeng (RA) Kartini dan senantiasa berusaha mengenangnya melalui berbagai cara.

Sosok kelahiran 21 April 1879, Jepara, Jawa Tengah itu dikenal dengan surat-surat kirimannya tentang emansipasi wanita dan semangat maju lewat pendidikan.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Hari Kartini 2022 Inspiratif dan Menyentuh Hati

Kartini merupakan keturunan bangsawan di mana ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosrodiningrat adalah seorang bupati.

Berasal dari trah darah biru, Kartini pun berkesempatan mengenyam pendidikan yang tak bisa didapat setiap penduduk pribumi kala itu.

Ia masuk sekolah dasar Eropa atau Europesche Lagere School (ELS) pada 1885. Di sekolah ini, Kartini belajar bersama anak-anak Belanda dan bangsa Eropa lainnya.

Di ELS, Kartini belajar dengan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar.

Berada di lingkungan bangsa Eropa, siswa pribumi di sekolah ini kerap mendapatkan perlakuan diskriminatif, baik dari sesama siswa maupun guru dari Belanda.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x