Daftar Titik Gelombang Tinggi di Indonesia, 19 hingga 20 Juni 2022

- 19 Juni 2022, 12:30 WIB
Gelombang tinggi lautan
Gelombang tinggi lautan /demitrisvetsikas1969/Pixabay

KARANGANYARNEWS - Daftar titik gelombang tinggi di sebagian wilayah lautan di Indonesia telah dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Melalui imbauannya BMKG juga merilis peringatan dini potensi gelombang sangat tinggi hingga enam meter terjadi di sebagian wilayah Tanah Air pada 19 - 20 Juni 2022.

Adapun gelombang tinggi tersebut terjadi lantaran adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak ke timur laut - tenggara dengan kecepatan antara 5 hingga 15 knot.

Data BMKG menyebutkan, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Baca Juga: Abrasi Laut Karamkan Rumah dan Robohkan Jembatan di Minahasa Selatan, 266 Jiwa Mengungsi

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Banda, perairan selatan Jawa, dan Laut Arafuru,” terang BMKG, melalui keterangan resmi yang dirilis pada Minggu, 19 Juni 2022.

Situasi itu terjadinya peluang peningkatan gelombang sangat tinggi berkisar 4.0 - 6.0 meter terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung dan Samudera Hindia Selatan Jawa - Bali.

Selanjutnya, gelombang tinggi 1,25 – 2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kepulauan Nias, perairan Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sumba, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan P. Sawu - P. Rote - Kupang, Laut Timor.

Baca Juga: Teliti Dasar Laut, Kolombia Temukan Bangkai Kapal Karam Bersejarah

Kemudian, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Makassar bagian selatan, perairan timur Baubau - Kepulauan Wakatobi, perairan Manui - Kendari, Laut Flores, Laut Sulawesi, Laut Banda, perairan Kepulauan Sermata – Kepulauan Babar - Tanimbar, dan perairan selatan Kepulauan Kei - Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian barat.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah