Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei: Mengenang Kiprah dan Perjuangan Ki Hajar Dewantara

- 2 Mei 2023, 10:31 WIB
Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, mengenang kiprah dan perjuangan Ki Hajar Dewantara. 2 Mei ditetapkan sebagai Hardiknas sesuai hari kelahiran tokoh bangsa itu, 2 Mei 1889. (Foto: historia.id)
Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, mengenang kiprah dan perjuangan Ki Hajar Dewantara. 2 Mei ditetapkan sebagai Hardiknas sesuai hari kelahiran tokoh bangsa itu, 2 Mei 1889. (Foto: historia.id) /

KARANGANYARNEWS - Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei: Mengenang Kiprah dan Perjuangan Ki Hajar DewantaraIng Ngarso Sung Tulodho (menjadi guru harus bisa menjadi teladan, baik pada murid atau orang sekitar). Ing Madyo Mangun Karso (menjadi guru harus bisa membangkitkan semangat para murid). Tut Wuri Handayani (menjadi guru harus bisa menjadi energi, memberi dorongan moral, dan kekuatan).

Itulah tiga semboyan Ki Hajar Dewantara untuk dunia pendidikan. Berkat kiprahnya, 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sesuai hari kelahiran tokoh bangsa itu, 2 Mei 1889.

Merangkum berbagai sumber, Ki Hajar Dewantara terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat di Pakualaman Yogyakarta pada 2 Mei 1889, putra dari GPH Soerjaningrat dan cucu dari Pakualam III.

Baca Juga: Daftar 51 Lagu TikTok Populer dan Viral Paling Enak buat Backsound Video 2023

Terlahir dari keluarga di lingkungan Kadipaten Paku Alam, Soewardi muda menyelesaikan sekolah di ELS (Sekolah Dasar Belanda/Eropa) dan kemudian melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera).

Mengalami gangguan kesehatan, Soewardi akhirnya tidak melanjutkan sekolahnya di STOVIA.

Soewardi muda lalu menjadi seorang penulis di beberapa surat kabar. Tulisan-tulisannya sangat tajam.

Dirinya menjadi seorang penulis andal, menyuarakan semangat antikolonial melalui tulisannya yang sangat komunikatif.

Baca Juga: Daftar 61 Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya, Keren sekaligus Populer 2023

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x