BTN Diminta Hentikan Bisnis Kartu Kredit dan Fokus Perumahan

- 12 Agustus 2021, 11:33 WIB
/

KARANGANYARNEWS-Bank Tabungan Negara (BTN) diminta untuk berbisnis kartu kredit. Bank Himbara itu diminta untuk fokus pada bisnis perumahan.

Permintaan itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam live instagram CNN Indonesia, Rabu (11 2021/2021).

Erick mengaku tengah memfokuskan kembali bisnis-bisnis bank Himbara, termasuk BTN sebagai mortgage bank atau bank hipotek.

"BTN kita refocus kepada perumahan mortgage bank, tidak lagi bagi-bagi credit card. Sudah lah BTN jangan lagi main credit card," kata Erick Thohir.

Dikatakan, untuk urusan bisnis kartu kredit akan difokuskan kepada Bank Mandiri. Selain itu Bank Mandiri akan difokuskan untuk mengurus korporasi.

Sedang Bank Negara Indonesia (BNI) akan difokuskan pada pengembangan UMKam berorientasi ekspor. BNI juga dijadikan perpanjangan tangan negara bagi diaspora di luar negeri.

"BNI akan menjadi platform untuk membuat para diaspora di luar negeri menjadi pengusaha," jelas Erick Thohir.

Untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI), lanjut dia, akan difokuskam pada pengembangan bisnis ultra mikro bersama PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Dari ketiga lembaga keuangan itu akan dibentuk holding BUMN ultra mikro rencananya akan direalisasi pada kuartal III tahun ini. "BRI fokus pada ultra mikro bersama PNM dan Pegadaian," pungkasnya.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah